Header Ads


Ini 5 Tips Melupakan Kebiasaan Merokok Saat Sedang Puasa



PastiSatu - Bagi sebagian orang, merokok merupakan ritual yang wajib di tiap harinya. Terlepas dari dampak negatifnya, kegiatan merokok dapat membatu menghilangkan penat, menambah fokus pekerjaan, bahkan mendatangkan ide/inspirasi bagi para penikmatnya. Namun jika dihadapkan dengan bulan Ramadan tiap tahunnya, para perokok aktif dapat dipastikan memiliki ujian yang lebih yaitu menahan nafsu untuk merokok, lantas bagaimana cara untuk menjalani puasa di bulan Ramadan dengan baik? berikut tips nya


1. Persiapkan niat dan mental

Setiap kegiatan yang akan kita lakukan harus didasari dengan niat yang kuat untuk mencapai keberhasilan. Selain niat kita secara umum untuk berpuasa, harus dikhususkan juga dengan niat untuk menahan keinginan merokok pada waktu yang diwajibkan untuk berpuasa. Mungkin pada hari-hari awal bulan Ramadan akan terasa sulit mengontrolnya karena telah terbiasa merokok, tapi seiring waktu dengan niat dan mental yang kuat pasti akan lebih mudah.

Tidak masalah jika suatu waktu karena kebiasaan dan lupa sedang berpuasa kita mengambil rokok dan menghisapnya, asal setelah ingat lagi langsung dimatikan ya, jangan malah tanggung lalu lanjut dihisap. Kalau ingatnya setelah satu batang habis itu namanya rezeki :)


2. Usahakan merokok hanya setelah makan sahur saja

Walaupun sebaiknya kalian mencoba menghindari merokok selama mungkin, tapi dengan cara ini setidaknya bisa membantu kalian untuk menjalani ibadah puasa. Ada waktu-waktu tertentu dimana bagi para perokok merupakan saat yang paling pas untuk menikmati rokok, salah satunya adalah ketika selesai makan. Berikut ini cara untuk memanfaatkan waktu setelah makan sahur untuk menghilangkan keinginan merokok di waktu berpuasa:

- Ketika memasuki waktu sahur ada baiknya kita mendahulukan dengan minum air putih dan makan. Manfaat minum air putih ketika bangun tidur dan perut kosong sangat banyak untuk kesehatan, kemudian dilanjutkan dengan makan sahur baru setelahnya jika belum masuk waktu imsak silakan diisi dengan merokok.

- Setelah merokok lanjutkan minum air putih dan sikat gigi. Banyak minum air putih dimaksudkan agar tubuh kita tetap terhidrasi dan mengurangi rasa haus ketika menjalani ibadah puasa, kemudian dilanjutkan dengan gosok gigi untuk menetralkan rasa mulut dengan menghilangkan bau rokok serta makanan dan minuman yang dikonsumsi ketika sahur. Dengan netralnya rasa mulut sangat membantu mengurangi keinginan untuk merokok

- Disarankan tidak tidur setelah sholat subuh. Sebetulnya boleh saja tidur setelah subuh, namun lebih baik waktu tersebut diisi dengan olahraga kecil, persiapan bekerja, atau melakukan ibadah lainnya. Hal ini juga dapat mencegah efek rasa mulut yang tidak enak dan efek rasa haus ketika bangun tidur.


3. Tidak membawa rokok saat beraktivitas

Apapun kegiatan kalian (kuliah, berbisnis, atau bekerja) sangat disarankan tidak memasukan rokok ke dalam list barang bawaan. Pasti banyak dari kalian yang beralasan untuk membawa rokok agar tidak susah nanti mencarinya ketika waktu berbuka tiba kan? padahal jika dipikir lagi bukan tidak mungkin dengan mudahnya mendapat rokok dari tas atau saku kalian malah bisa memicu batalnya puasa.

Dengan hal ini juga dapat membuat kita menjadi irit, karena jika tiba waktu berbuka dan kita tidak memiliki rokok maka yang akan terjadi adalah :

- Orang lain tidak akan meminta rokok pada kalian
- Kalian bisa meminta rokok ke orang lain (asalkan tidak keseringan)
- Beli rokok ketengan karena masih ada persediaan di rumah

Ada beberapa orang yang memang tidak bisa terlepas dari rokok walaupun hanya untuk beberapa jam, ini bisa menjadi sedikit sulit karena kalian harus bisa mengalihkan pikiran dari rokok.

- Usahakan tetap melakukan aktivitas ketika kalian istirahat pada jam kantor atau menunggu kelas di kampus. Bisa dengan membaca, diskusi, atau bahkan tidur. 

- Tidak perlu terlalu menggebu-gebu dalam melakukan pekerjaan. Bukan berarti tidak semangat dan malah lemas tapi lebih kepada tidak memforsir pekerjaan. Disamping kalian akan lebih cepat kehabisan energi, akan dipastikan juga kalian akan penat terhadap pekerjaan yang berakhir dengan keinginan untuk merokok

- Bagi kalian yang tidak bisa fokus dan mendapat ide/inspirasi jika tidak merokok yakinlah itu hanya sugesti. Kalian bisa fokus dengan merokok itu dikarenakan kalian tenang dan menjadi rileks ketika merokok begitu juga dengan yang mendapat ide dan inspirasi, jadi usahakan tetap tenang dan rileks dalam melakukan pekerjaan seperti poin di atas tidak perlu memforsir dan terburu-buru.


4. Tidak berbuka puasa dengan rokok

Ada alasan mengapa disarankan untuk berbuka dengan minuman dan makanan yang manis, ya karena setelah seharian kalian berpuasa, tubuh memerlukan gula dan kalori yang dapat diproses dengan cepat untuk mengembalikan energi dan stamina tubuh. Berikan dulu waktu untuk tubuh mengembalikan kondisinya dengan makanan dan minuman bukan dengan rokok, karena dengan hal ini juga bisa membantu mengontrol keinginan kalian untuk merokok. Tidak semata-mata berbuka untuk melampiaskan keinginan kalian yang tertahan ini dapat bermanfaat kedepannya untuk mengalihkan pikiran dari rokok.


5. Mulai mencoba dari sekarang

Tips yang terakhir untuk menambah kesuksesan anda dan tidak "kaget" ketika memasuki bulan puasa adalah dengan mencoba tips diatas dari sebelum memasuki bulan Ramadan, kalian bisa mulai mencoba melakukan puasa senin-kamis untuk mempraktikkan seluruh tips pada artikel ini atau memulai dengan tidak membawa rokok pada kegiatan kalian atau mungkin dengan cara yang lain. Hal ini juga bisa memperkecil kemungkinan kita lupa ketika nantinya sudah memasuki bulan Ramadhan

ya berperang, karena bulan Ramadhan adalah peperangan kita melawan hawa nafsu. Walaupun sebenarnya cara yang terbaik adalah dengan berhenti merokok paling tidak tips ini bisa membantu bagi kalian yang masih belum bisa berhenti merokok tetapi ingin tetap menjalani ibadah puasa dengan baik tanpa khawatir ketergantungannya dengan rokok. Jangan takut untuk mencoba dan semoga ibadah kalian pada bulan ramadhan nanti diberi kelancaran bagi para perokok maupun bukan perokok.

Apakah berhasil menjalankan ibadah puasa dengan tidak merokok? atau kalian memiliki tips tersendiri dalam menjalani ibadah puasa bagi para perokok?

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.