Header Ads


Ini 7 Ikan yang Kaya Akan Kandungan Omega-3, Manakah yang Jadi Favoritmu?



PastiSatu - Ikan merupakan sumber omega 3 yang baik. Kandungan ini dibutuhkan untuk tubuh agar dapat tetap sehat. Omega 3 merupakan lemak tak jenuh ganda yang berperan penting dalam kesehatan jantung, menjaga kesehatan mata, anti-inflamasi, dan kaya akan vitamin.

Omega 3 pada ikan dikenal dapat meningkatkan kinerja otak sehingga meningkatkan kemampuan berpikir dan intelektual. Selain itu, omega 3 dibutuhkan sekali untuk membantu perkembangan otak pada janin dan balita.

Ada beberapa jenis ikan yang tinggi kandungan omega 3 di dalamnya. Berikut daftarnya.


1. Ikan salmon


Ikan salmon mengandung protein, magnesium, potasium, niasin, vitamin B12, dan vitamin A. Kandungan omega 3 pada ikan salmon mencapai 1,4 gram per ons. Selain itu, protein pada ikan salmon mencapai 21 gram yang penuhi 42 persen kebutuhan nilai harianmu. Kalsium pada ikan salmon memenuhi 20 persen nilai harianmu.

Ikan salmon dapat diolah menjadi makanan yang lezat. Fillet ikan salmon dapat diolah menjadi steak yang nikmat dan gurih. Sajian ikan salmon selalu menjadi hidangan istimewa dalam meja makanmu.


2. Ikan tenggiri


Ikan tenggiri mudah sekali ditemukan di Indonesia. Kandungan omega 3 yang tinggi baik untuk meningkatkan kecerdasan. Ikan ini kaya akan vitamin B12, niasin, selenium, magnesium, zat besi dan kalium. Dalam 100 gram tenggiri, terdapat 19 gram protein yang memenuhi 38 persen dari nilai harianmu.

Ikan tenggiri sering diolah menjadi bahan pempek yang lezat. Selain itu, mengolahnya menjadi otak-otak dan baso ikan juga harus kamu coba. Dagingnya yang empuk akan membuat hidangan lauk paukmu istimewa.


3. Ikan sarden


Ikan sarden memiliki minyak yang baik untuk penuhi omega 3 harianmu. Ikan ini kaya akan vitamin D, niasin dan kalsium. Dalam 100 gram ikan sarden mengandung 208 kalori. Ikan sarden mampu penuhi 50 persen kebutuhan protein dan 38 persen kebutuhan kalsium tubuhmu.

Ikan sarden biasanya diolah kalengan dan disajikan dengan bumbu nikmat. Kamu juga dapat mengolah ikan sarden segar menjadi masakan lainnya yang disandingkan dengan nasi.


4. Ikan teri


Ikan teri memiliki ukuran kecil yang mudah sekali ditemukan. Meskipun berukuran kecil, teri kaya akan kandungan omega 3. Nutrisi lain seperti protein, kalsium, kalium, selenium, vitamin B12 dan niasin ditemukan pula pada teri.

Setiap 100 gram ikan teri mampu penuhi 50 persen kebutuhan protein harianmu. Ikan teri lezat sekali diolah menjadi pepes atau digoreng langsung. Harganya yang murah dapat menjadi rekomendasi menu harianmu.


5. Ikan tuna


Ikan tuna adalah sumber omega 3 yang baik. Dalam 100 gram ikan tuna, mampu penuhi 48 persen kebutuhan harianmu. Kandungan potasium, magnesium, vitamin B12, dan niasin yang baik untuk asupan gizi tubuh.

Tuna enak sekali dipanggang atau dibuat steak. Fillet tuna dapat dijadikan gorengan gurih yang harus kamu coba juga. Sajikan ikan tuna sebagai pelengkap menu harianmu.


6. Ikan kembung


Ikan kembung termasuk dalam jenis makarel. Kandungan omega 3 pada ikan kembung mencapai 2,6 gram dan lemak 2,3 gram. Protein pada ikan ini penuhi 50 persen kebutuhan harianmu. Zat besi pada ikan kembung mencapai 0,9 mg.

Ikan kembung dapat kamu olah dengan resep apapun. Memadukannya dengan berbagai sambal khas Nusantara bikin selera makanmu meningkat.


7. Ikan halibut


Ikan halibut memiliki bentuk pipih yang unik. Kandungan omega 3 di dalamnya cukup baik untuk tubuh. Protein dalam ikan halibut mampu penuhi 42 persen kebutuhan harianmu. Kandungan potasium dan niasin yang ada pada ikan ini juga banyak mengandung manfaat sehat.

Selain itu, ikan halibut terkenal manfaatnya dalam menjaga kesehatan jantung. Hal inilah yang membuat ikan ini disebut ikan yang memperpanjang umur. Kamu harus coba mengolahnya menjadi makanan lezat.

Ikan-ikan lezat di atas mudah sekali ditemukan di Indonesia. Mengolahnya menjadi makanan lezat layak kamu coba agar dapat mengambil manfaatnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.