Header Ads


Ini 6 Buah yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Konsumsi yang Rutin



PastiSatu - Selain kaya akan gizi, buah-buahan termasuk makanan yang membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena rendah kalori tapi kaya akan serat. Di smaping itu buah juga bisa membuat kamu kenyang sehingga cocok untuk pengganti nasi.

Penasaran buah apa saja yang mampu menurunkan berat badanmu? Simak ulasannya di bawah ini.


1. Jeruk bali

Jeruk bali salah satu buah yang bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan. Jeruk bali memiliki kandungan enzim carnitine palmitoyltransferase yang dipercaya sebagai enzim yang mampu untuk membakar lemak.

Jeruk bali memiliki kalori yang rendah dan juga tidak mengandung lemak. Hal ini lah yang membuat jeruk bali menjadi salah satu buah yang dikonsumsi dalam program penurunan berat badan.


2. Lemon

Perasan air lemon mampu mengatasi berat badan. Hasil penelitian yang di jurnal Obesity menyatakan kalau orang dewasa yang mengonsumsi minuman air lemon dengan rutin bisa cepat langsing. Penyebabya, minum air sebelum makan membuat perut terisi penuh dan lebih cepat kenyang.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, air lemon perlu diminum di pagi hari saat perut masih kosong. Setelah meminum perasan air lemon sebaiknya berkumur atau sikat gigi karena buah ini sangat asam dan dapat merusak email gigi.


3. Apel

Apel merupakan buah yang tinggi serat dan rendah kalori. Seperti penelitian yang diterbitkan di PLoS Medicine menemukan fakta bahwa orang yang rutin makan apel kehilangan sekitar 0,56 kg beratnya per hari.

Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa apel yang dimakan utuh mampu mengurangi rasa lapar dan mengendalikan nafsu makan. Selain itu, apel juga mengandung banyak air yang membuat perut terasa penuh dan kenyang.


4. Melon

Melon memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Melon juga kaya akan serat, kalium, dan antioksidan seperti vitamin C, beta karoten, dan likopen.

Memakan 150 gram melon menghasilkan 46 sampai 61 kalori. Oleh karena itu, meski kita merasa kenyang tetapi kalori yang masuk ke tubuh hanya sedikit.


5. Alpukat

Buah alpukat merupakan makanan yang bertekstur lembut dan kaya asam lemak omega 9. Alpukat juga mampu membantu metabolisme dengan membakar lemak dan memicu energi, sehingga buah ini cocok untuk pengganti nasi. Alpukat sebaiknya dikonsumsi tanpa tambahan gula dan lemak ya.


6. Strawberry

Buah ini termasuk buah yang kaya akan antioksidan fenolik yang memiliki kemampuan menangkal radiakal bebas, serat, kalsium, magnesium, potasium dan tinggi vitamin C. Buah strawberry memiliki kemampuan untuk membantu menurunkan berat badan.

Diuraikan oleh dr. Inge Permadhi SpGK, dokter spesialis gizi klinik, kandungan serat yang tinggi di dalam buah ini membantu tubuh memenuhi kebutuhan serat. Sebab pada dasarnya tubuh kita memerlukan kebutuhan serat sebanyak 30 gr per hari dan bisa membantu mengurangi berat badan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.