Header Ads


Ini 7 Manfaat Sarden, Ikan yang Mudah Didapat dan Bergizi Tinggi



PastiSatu - Sarden adalah ikan kecil berminyak yang memiliki sejumlah besar nutrisi. Mereka biasanya tersedia dalam kaleng dan terkenal karena aroma dan rasanya yang kuat, tetapi makanan laut ini layak dikonsumsi karena nilai gizinya. Kabar baiknya adalah bahwa aroma dan rasa yang kuat dapat diimbangi dengan berbagai metode memasak, karena makanan laut ini adalah suatu keharusan untuk diet sehat. Berikut adalah berbagai manfaatnya:


1. Menurunkan tingkat kolesterol

Makronutrien adalah zat yang dibutuhkan organisme dalam jumlah besar untuk makanan. Manusia membutuhkan tiga jenis utama makronutrien, yaitu karbohidrat (gula), lipid (lemak), dan protein. Dalam hampir 4 ons sarden, kita bisa mendapatkan hampir 23 gram protein, 10,5 gram lemak, dan 1,4 gram lemak jenuh. Oleh karena itu, kita dapat mengatakan bahwa itu sangat cocok untuk orang yang sedang diet dengan niat untuk menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak Omega-3 menurunkan kolesterol ke tingkat yang sehat, dan menjadikan sarden penting bagi sistem kardiovaskular.


2. Menjaga kadar gula darah

Lemak dan protein sehat dalam sarden membantu mengatur gula dalam aliran darah. Mengonsumsi ikan sarden dengan makanan yang kaya karbohidrat, seperti roti, memperlambat pelepasan gula dalam aliran darah kita. Makanan yang kaya akan lemak dan protein esensial penting bagi orang yang menderita diabetes atau masalah terkait insulin lainnya.


3. Menjaga kesehatan psikologis

Kesehatan mental yang memadai sama pentingnya dengan kesehatan fisik yang solid bagi seseorang untuk menjadi sehat. Karena sarden kaya akan asam lemak Omega-3, itu mencegah gangguan mood, seperti depresi, kecemasan dan gangguan bipolar. Otak terdiri dari 60% lemak dan karenanya lemak Omega-3 dapat memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan. Banyak penelitian menyimpulkan bahwa rasio lemak yang tepat ini dapat membantu menjaga kesehatan mental kita. Penelitian menunjukkan bahwa penurunan asam lemak Omega-3 menyebabkan peningkatan depresi dan kecemasan.


4. Menyediakan tubuh dengan mineral dan vitamin

Kita bisa mendapatkan Vitamin B12, vitamin D, kalsium, dan selenium, yang merupakan beberapa nutrisi penting bagi tubuh kita dengan mudah melalui sarden. Nutrisi ini memainkan peran besar dalam menjaga kesehatan kita secara keseluruhan.

Vitamin B12 adalah vitamin larut dalam air yang membantu otak dan fungsi sistem saraf kita. Ini membantu menjaga saraf dan sel tetap sehat sementara juga mendukung proses pembuatan DNA dalam sel. Ini mencegah anemia megaloblastik, yang membuat orang lelah dan lemah. Selenium, juga dikenal sebagai "antioksidan utama", mencegah kerusakan radikal. Ini juga membantu mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker usus besar dan prostat.


5. Menjaga kesehatan tulang

Kalsium, vitamin D, dan fosfor, sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Sarden kaya akan tiga mineral ini yang membantu mencegah kehilangan mineral pada tulang dan menyembuhkannya setelah cedera.

Vitamin D sangat penting untuk struktur tulang kita karena membantu penyerapan kalsium. Kekurangan vitamin D juga dapat menyebabkan kekurangan kalsium, yang pada gilirannya dapat menyebabkan osteoporosis dan kerusakan gigi.


6. Mengurangi peradangan

Sarden mengandung asam lemak, yaitu EPA dan DHA, yang dibutuhkan tubuh untuk mengurangi peradangan. Ini adalah asam lemak esensial Omega-3 yang sangat mengurangi resiko penyakit jantung. Menurut penelitian, sekitar 3 ons sarden mengandung sekitar 835 miligram lemak Omega-3.

Kemampuan sarden untuk bertindak sebagai agen anti-inflamasi membuatnya menjadi efektif dalam pengobatan dan pencegahan berbagai penyakit. Makanan yang kaya asam lemak Omega-3 mempertahankan tubuh dari depresi, kecemasan, ADHD, berbagai jenis kanker, asma, dan penyakit jantung.


7. Membantu menurunkan berat badan

Sarden kaya akan protein. Sekitar 3 ons sarden dapat menyediakan 23 gram protein bagi tubuh kita. Protein rendah kalori ini bermanfaat bagi orang yang perlu menurunkan berat badan. Karena kaya akan nutrisi dan membantu menjaga metabolisme yang sehat, ikan kecil ini memastikan tubuh kita tidak kekurangan apa yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik.

Sebagian besar orang membeli sarden dalam kaleng di toko tetapi mereka bisa dimakan segar juga, dan ikan segar selalu lebih baik. Ikan kecil ini hemat biaya dan sangat bergizi. Sarden disebut sebagai multivitamin alami yang siap diolah menjadi hidangan lezat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.