Header Ads


Jarang Diketahui Orang! Ini 7 Manfaat Oncom untuk Kesehatan



PastiSatu - Oncom merupakan makanan khas Indonesia, namun lebih populer di Jawa barat. Oncom sendiri terbuat dari bungkil tahu yaitu kedelai yang telah diambil proteinnya. Meski begitu kandungan gizi untuk bahan pembuatan oncom masih sangat tinggi.

Jenis oncom satu lagi ialah oncom hitam yang terbuat dari bungkil kacang tanah.

Dibalik bentuknya yang gak banyak orang sukai, oncom ternyata kaya kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Inilah beberapa manfaat oncom bagi kesehatan!


1. Melancarkan peredaran darah

Oncom merupakan makanan yang tidak terlalu memiliki banyak penggemar karena dinilai kurang higienis serta bentuk dan warna yang tidak menarik.

Namun perlu kamu tahu, ternyata oncom baik bagi kesehatan diantaranya melancarkan peredaran darah. Sebabnya oncom mengandung retinol dan asam resinoat yang merupakan senyawa yang bekerja untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh.


2. Mengurangi racun aflatoksin

Aflatoksin merupakan sejenis racun dari senyawa toksin yang terkenal mematikan bagi manusia maupun hewan.

Sementara oncom sendiri diproses melalui fermentasi. Hasil fermentasi tersebut mengurangi kadar mikroba yang masuk dalam produksi oncom. Jumlah aflatoksin pada oncom pada saat fermentasi bisa berkurang 50%-60%, jadi dari proses fermentasi tersebut membuat oncom terjamin aman dari kuman-kuman yang membahayakan kesehatan.


3. Membantu metabolisme tubuh

Selain melancarkan peredaran darah dan mengurangi racun aflatoksin, oncom pun jika dikonsumsi membantu metabolisme tubuh karena oncom mengandung karbohidrat dan protein cukup tinggi, jadi sangat baik bagi metabolisme tubuh.


4. Mencegah perut kembung

Mengatasi perut kembung biasanya menggunakan kayu putih dan sejenisnya.

Namun ternyata oncom juga memiliki manfaat mencegah perut kembung sebabnya oncom menghasilkan enzim yang bernama alpha-galaktosidase dan mengurai stakhiosa dan rafinosa menjadi level rendah. Dari proses produksi inilah oncom mencegah perut kembung.


5. Bermanfaat untuk kesehatan tulang

Selain bermanfaat mengobati perut kembung, oncom pun baik bagi kesehatan tulang.

Dalam 100 gram oncom mengandung fosfor 115 mg dan kalsium 96 mg. Dari kandungan gizi fosfor dan kalsium tersebutlah oncom dikategorikan makanan yang bermanfaat bagi kesehatan tulang.


6. Sebagai sumber energi

Oncom merupakan kudapan yang tergolong relatif murah dan mudah ditemui, namun kandungannya tak bisa diragukan lagi.

Mengonsumsi oncom pun bermanfaat sebagai sumber energi. Dalam 100 gram oncom saja mengandung karbohidrat sebesar 22,6 gram serta mengandung vitamin A, B1 dan C.


7. Mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh

Oncom mengandung mengandung serat yang bermanfaat merangsang produksi asam lemak dalam tubuh. Salah satu pengaruh berkurangnya kolesterol dalam tubuh ialah efek kolaboratif protein, pepsin, dan isoflavon aglikon.

Itulah manfaat oncom untuk kesehatan yang tersembunyi. Namun perlu diketahui bahwa sebaiknya kamu mengonsumsi oncom yang berusia 1-2 hari saja karena lebih aman untuk tubuh.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.