Header Ads


Terkenal Akan Aromanya, Ini 5 Khasiat Daun Pandan Bagi Kesehatan



PastiSatu - Daun pandan sangat populer karena memiliki wangi yang khas. Tak heran ia sering digunakan sebagai penyedap dalam masakan. Mulai dari nasi uduk hingga bubur kacang hijau. Seperti kurang mantap jika tidak menggunakan daun pandan.

Tahukah kamu? Ternyata daun pandan memiliki berbagai macam khasiat yang sangat berguna di kehidupanmu. Berikut adalah manfaat-manfaat dari daun pandan, dari berbagai sumber, yang sebaiknya kamu ketahui.


1. Sebagai obat penenang dan mengatasi stress

Daun pandan ternyata memiliki efek menenangkan. Kandungan linalool pada daun pandan mampu mengendorkan dan melemaskan sistem kerja urat-urat syaraf dan otot-otot yang tegang, sehingga dapat merelaksasikan dirimu. Jika kamu merasa gelisah, siapkan daun pandan kemudian rebus dengan segelas air serta tambahkan madu. Dan minumlah selagi hangat. Dijamin pasti rasa cemasmu akan mereda. Menurut drhealtbenefits.com, minum 2 - 3 gelas rebusan daun pandan setiap hari dapat menurunkan bahkan meredakan stressmu.


2. Dapat menurunkan risiko kanker

Antioksidan seperti terpenoid berperan penting bagi tubuh manusia dalam menetralisir radikal bebas yang mengakibatkan penyakit degeneratif termasuk kanker. Senyawa lainnya, yaitu flavonoid juga dapat mengurangi sel kanker yang sudah muncul. Kedua senyawa anti-kanker tersebut ternyata terkandung dalam daun pandan. Kamu dapat mengonsumsi daun pandan secara langsung ataupun dalam bentuk ekstrak supaya khasiatnya semakin maksimal.


3. Mengatasi arthritis

Arthritis atau yang biasa disebut peradangan sendi dan lebih dikenalnya lagi sebagai reumatik merupakan penyakit yang dapat disebabkan oleh faktor genetik, lingkungan, maupun paparan bahan-bahan kimia. Menurut 15healthbenefits.com, cukup hancurkan beberapa helai daun pandan, tambahkan dengan minyak kelapa, dan kemudian tumbuk hingga agak halus. Setelah itu, oleskan pada bagian sendi atau badan yang terasa sakit. Penggunaan daun pandan di sini hanya sebatas untuk obat luar atau oles saja.


4. Meredakan diare

Daun pandan juga memiliki senyawa antimikroba dan antibakteri. Senyawa antimikroba yang terkandung pada daun pandan adalah tanin. Senyawa ini memiliki rasa pahit, dapat mengikat dan mengendapkan protein serta larut dalam air (terutama air panas). Tanin banyak diaplikasikan untuk pengobatan diare. Jadi, jika kamu sedang mengalami diare, alternatif pengobatannya yaitu dengan menggunakan daun pandan ini. Daun pandan ditumbuk sampai halus, kemudian tambahkan setengah gelas air. Peras, kemudian saring airnya.


5. Menurunkan demam

Gejala demam sering sekali di alami oleh seluruh kalangan, tanpa mengenal batas usia. Demam sendiri merupakan bentuk atau reaksi tubuh untuk melawan penyakit yang ada di tubuh itu sendiri. Gejala demam tersebut biasanya ditandai dengan naiknya suhu tubuh, yang membuat si penderita menjadi tidak nyaman. Menurut the-benefits.com, cara untuk mengatasinya yaitu dengan meminum air rebusan daun pandan. Setelah meminumnya beberapa kali, suhu badan akan berangsur-angsur kembali normal.

Begitu banyak khasiat dari daun pandan, perawatannya yang mudah, dapat menjadi tambahan alasan untuk menanamnya di pekarangan rumah. Jika sudah tumbuh lebat, kamu pun dapat menikmati langsung manfaatnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.