Header Ads


Berita Terkini ~ Tips Ahok Agar Anak Terhindar Penyakit Tuberkulosis



Majalahberitaqqhoki ~ Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengatakan, upaya pencegahan agar tidak menderita penyakit tuberkulosis (TB) adalah dengan mengonsumsi makanan yang berprotein tinggi. Seperti daging sapi.

Karena itu, Ahok menetapkan aturan agar anak-anak, khususnya pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP), dapat dana untuk membeli daging.

"Kita buat program semua anak pemegang KJP bisa beli daging sapi 1 kilogram per bulan Rp 35 ribu," kata Ahok, di acara ‎Gerakan Keluarga menuju Indonesia Bebas Turbekolosis (TB) di Rusun Marunda, Jakarta Utara, Sabtu (2/4/2016).

Ahok menjelaskan, daya tahan tubuh orang Indonesia kalah dibanding orang-orang di luar negeri, karena minimnya mengonsumsi daging. Di Argentina, tiap orang rata-rata memakan 16 kilogram daging setiap bulan. Sedangkan, Australia dan Amerika 14 kilogram per orang.

Mantan Bupati Belitung Timur itu menceritakan pengalaman ayahnya, ketika menjadi sopir seorang dokter asal Belanda. Menurut sang dokter, orang mudah terjangkit penyakit karena jarang mengonsumsi daging.

"Kalau kamu enggak bisa makan daging terus, ya minimal 1 minggu 1 kali bikin lah sop daging. Bapak saya wajibkan kami makan daging atau sop kaldu daging," kenang Ahok.

Sementara, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek membenarkan, apa yang dikatakan Ahok. Namun, protein tidak hanya terdapat di daging saja.

"Ibu Susi, Menteri Kelautan sudah berupaya tembak-tembak supaya ikan Indonesia tidak dicuri. Nah, ikan itu protein baik. Orang vegetarian juga bisa dapat dari telur proteinnya," kata Nila.

Berdasarkan data WHO pada 2014, kasus TB di Indonesia mencapai 1 juta dan jumlah kematian mencapai 110 ribu per kasus tiap tahunnya. Hampir 300 ribu pasien TB dirawat dan keberhasilan sembuh mencapai 90%.

Majalahberitaqqhoki

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.