Header Ads


TNI AL Diminta Tangkap Hidup-hidup Buaya yang Muncul di Dermaga Pondok Dayung

Ilustrasi buaya


Majalahqqhoki.com, JAKARTA- Ketua Jakarta Animal Aid Network (JAAN) Benfica berharap pihak TNI AL menangkap hidup-hidup buaya yang muncul di dermaga pondok dayung, yang berada di kawasan Pangkalan TNI Angkatan Laut (AL), Tanjung Priok.

Benefica mengatakan, buaya dengan panjang sekitar 3 meter tersebut termasuk hewan yang dilindungi.

"Saya minta tetap jangan dibunuh karena itu buaya maura dilindungi," ujar Benfica saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (16/6/2018).

 Benfica mengatakan, buaya tersebut bisa ditangkap tanpa harus membunuhnya. Caranya, penangkapan dilakukan malam hari dengan pencarian menggunakan sorot lampu.

Pantulan dari mata buaya berwarna kehijauan akan sangat terlihat ketika malam hari.

Adapun pencarian buaya akan sulit dilakukan pada siang hari karena buaya merasa terganggu dengan kondisi lingkungan.

Agen Sakong Online

Cara tersebut, kata Benfica pernah dilakukan saat melakukan penangkapan buaya di kawasan Muara Gembong dimana saat itu buaya masuk ke tambak milik nelayan.

"Bisa ditangkap hidup-hidup. Kalau untuk me-rescue saya sarankan malam hari karena siang buaya terganggu. Kalau misalnya mau, ayo kami bantu me-rescue sama-sama," ujar Benfica.

Personel TNI AL yang berjaga di Dermaga Pondok Dayung sempat menembak buaya yang muncul di dermaga tersebut, Jumat (15/6/2018).

Anggota TNI yang berjaga menembak buaya tersebut di bagian belakang kepala. Setelah penembakan itu, pihaknya menyisir kawasan dermaga. Namun, hingga kini, buaya tersebut belum juga ditemukan.

Anggota Satkopaska Koarmada I Kapten Edy Tirtayasa mengatakan, pihaknya terpaksa menembak buaya tersebut karena dianggap membahayakan masyarakat serta anggota TNI AL yang bertugas di kawasan tersebut. Dermaga Pondok Dayung merupakan lokasi Pangkalan TNI AL.

"Kami terus lakukan patroli, bagaimana caranya itu ketangkep. Karena susah, kami tembak karena takutnya nanti jadi permasalahan," ujar Edy, di Dermaga Pondok Dayung, Jakarta Utara.

Sumber dari, Kompas.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.