Header Ads


Kenali 6 Tanda Bahwa Tubuh Anda Kekurangan Nutrisi




Majalahqqhoki - Tubuh kita adalah hal yang sangat kompleks. Terdiri dari 60 unsur kimia dan air, protein, lemak, dan juga mineral yang sempurna. Semua ini sangat penting untuk kesehatan kita dan terkadang ketika kita kekurangan sesuatu, tubuh kita akan memberi kita sinyal sehingga kita bisa segera memperbaikinya. Berikut adalah 6 tanda bahwa tubuh anda kekurangan sesuatu :


1. Kulit pucat

Jika kulit anda tampak pucat, ini mungkin merupakan tanda bahwa anda kekurangan zat besi, sehingga menurunkan tingkat hemoglobin dalam sel darah merah anda. Darah jadi kehilangan sebagian warnanya dan itu membuat kulit kita dan terkadang hingga ke gusi, kuku, dan bagian dalam bibir juga bahkan kelopak mata anda juga bisa kehinlangan warna alaminya.

Orang yang berisiko adalah wanita hamil, mereka yang mendonorkan darah secara teratur, orang dengan pola makan yang buruk, dan vegetarian. Hati dan daging merah sangat kaya akan zat besi dan jika anda tidak mengonsumsinya, maka anda harus mengonsumsi lebih banyak bayam, brokoli, dan minum suplemen zat besi.


2. Kelelahan yang terus menerusa dan otot yang melemah

Ini adalah gejala bahwa anda kekurangan magnesium. Jika anda merasa lelah bahkan setelah anda baru saja bangun tidur dan terus menerus merasa lelah dan lemah, ini adalah tanda bahwa anda perlu mengonsumsi lebih banyak magnesium dalam makanan sehari-sahri anda.

Sumber magnesium terbaik dapat didapatkan dari almond, kacang tanah, biji labu, biji rami, biji bunga matahari. biji chia dan kacang mete.


3. Kulit kering dan keriput

Asam lemak esensial, terutama omega 6, sangat penting karena dapat membuat kulit kehilangan lebih sedikit air. Jika anda tidak mengonsumsi omega 6 yang cukup, kulit anda bisa kering dan rentan terhadap kerutan.

Kulit anda yang kering juga daapat menyebabkan gatal dan pecah-pecah. Gejala lain yang tidak menyenangkan adalah ketombe, rambut rontok, dan mata kering. Salah satu cara agar anda dapat memenuhi kebutuhan omega 6 adalah dengan mengonsumsi minyak ikan.


4. Rambut dan kuku yang mudah rapuh

Saat rambut  dan kuku anda terasa rapuh, bisa jadi hal ini menandakan anda kekurangan protein. Protein adalah salah satu bagian terbesar dari tubuh. Tulang, otot, kulit, rambut, dan kuku semuanya mengandung protein.

Itulah sebabnya kekurangan protein dapat mempengaruhi selutruh tubuh kita dan bisa menyebabkan masalah kesehatan yang sangat serius. Gejala pertama yang mungkin anda bisa perhatikan adalah berbagai masalah dengan kuku, rambut, dan kulit.

Orang yang mengonsumsi daging secara teratur memiliki risiko yang rendah menghadapi masalah ini. Ada juga sumber protein selain daging antara lain seperti kacang, buncis, jamur, tahu, dan gandum.


5. Jerawat dan ruam di wajah

Jikalau anda suka mamakan olahan atau alkohol, suatu hari mungkin anda akan mengalami kekurangan zinc dalam tubuh anda. Kekurangan zinc mempengaruhi seluruh tubuh dan menyebabkan masalah dengan sus anda juga dengan sistem kekebalan tubuh anda.

Akibatnya, hal ini bisa menyebabkan alergi dan berdampak negatif pada kondisi kulit anda. Makanan kaya zinc adalah tiram, daging sapi, domba, ayam, kacang, buncis, biji labu, kacang mete, jamur, dan bayam.


6. Gusi berdarah dan luka sembuh dengan lama

Jika anda mempunyai masalah ini, anda mungkin kekurangan vitamin C. Hal ini tidak umum dialami, tetapi ada kelompok orang yang berisiko, seperti wanita hamil dan mneyusui, oran tua, dan juga perokok.

Tidak sulit mendapatkan cukup vitamin C jika anda memiliki diet yang sehat dan seimbang serta makan buah dan sayur segar. Satu jeruk besar atau setengah paprika cukup untuk memenuhi dosis harian anda. Anda juga bisa mengonsumsi vitamin-vitamin yang mengandung vitamin C.


Masalah-masalah diatas bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan-makanan yang disarankan kok, jadi jangan panik terlebih dahulu dan langsung pergi ke dokter. Usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan-makanan bergizi dan kurangi makanan yang instan.







Majalahqqhoki

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.