Header Ads


Liburan Ke Bali?? Jangan Lupa Santap 9 Makanan Khas Bali yang Enak Ini!




Pulau Bali destinasi paling populer di Indonesia. Pesona sejuta lautnya yang indah membuat Bali tak pernah sepi dari pengunjung lokal dan mancanegara. Gak cuma kaya tempat wisata, Pulau Dewata juga menyimpan berbagai kuliner khas yang lezat.

Salah satu yang populer adalah ayam betutu. Jangan salah, masih banyak kuliner yang wajib kamu cicipi ketika liburan ke Bali. Sedikitnya, ada 10 makanan khas Bali yang wajib kamu coba.


1. Babi Guling



Walau makanan ini tidak halal bagi umat muslim, tapi makanan inilah yang banyak dicari para wisatawan lokal ataupun luar negeri. Dagingnya yang empuk dan rasanya yang berbumbu khas Bali menjadi sasaran kuliner wajib.


2. Sate lilit



Berbeda dengan sate pada umumnya. Biasanya potongan dagingnya ditusuk, tapi sate khas Bali ini dibuat dengan cara daging yang sudah dihaluskan, dililitkan pada batang daun serai atau tangkai bambu. Daging yang digunakan bukan hanya daging ayam, bisa daging babi atau ikan tenggiri.


3. Sate plecing



Bumbu plecing terdiri dari cabai rawit, tomat, garam, terasi, dan air jeruk limau. Rasanya  pedas gurih dan sedikit asin. Satenya bukan hanya dari daging ayam saja, tetapi ada yang daging ikan dan babi. Kamu mau pilih yang mana?


4. Sate kakul



Sate kakul sama saja dengan sate kerang. Sebelum dibakar, sate kerang ini akan diberi bumbu plecing. Ini yang membuat cita rasanya menjadi khas dan super lezat.


5. Lawar



Campuran sayur dan daging cincang yang diberi bumbu khas Bali ini akan lebih nikmat jika disantap dengan nasi putih yang masih hangat. Ditambah dengan sate lilit bakal makin nikmat. Hhmmm...maknyus!


6. Tum ayam



Tum ini adalah sejenis pepes, terbuat dari campuran daging ayam, aneka bumbu, dan santan. Semua campuran dari bahan tersebut dibungkus dengan daun pisang, lalu dikukus. Kalau bosan dengan daging ayam, tum juga bis disajikan dengan daging bebek dan lainnya, kok.


7. Nasi jinggo



Tum ini adalah sejenis pepes, terbuat dari campuran daging ayam, aneka bumbu, dan santan. Semua campuran dari bahan tersebut dibungkus dengan daun pisang, lalu dikukus. Kalau bosan dengan daging ayam, tum juga bis disajikan dengan daging bebek dan lainnya, kok.


8. Nasi tepeng



Makanan khas dari Gianyar ini disajikan dengan cukup lembek seperti bubur. Nasi lembek ini dilengkapi dengan kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan kelapa parut. Ada juga telur dan suwiran daging ayam. Apalagi ditambah dengan siraman bumbu rempah-rempah ala Bali, menambah kelezatan nasi tepeng satu ini.


9. Rujak bulung dan rujak kuah pindang



Sensasi pedas akan kamu rasakan setelah mencicipi irisan manga dengan campuran kuah pindang dan cabai yang super pedas. Gak cuma mangga, kamu juga bisa menggantinya dengan buah lain atau rumput laut. Di Bali, rujak rumput laut yang menggunakan kuah pindang disebut rujak bulung. Selamat mencoba!


Kalau berlibur ke Bali, coba deh makan makanan khas ini. Perutmu akan terpuaskan dengan rasa yang super enak ini. Sudah coba yang mana, nih?






Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.