Header Ads


Musim Hujan Telah Tiba! Ini 7 Tips Dasar Untuk Tetap Sehat


Musim hujan memang menyenangkan dan kamu tidak perlu menunggu Desember untuk hal tersebut. Akan tetapi perlu kamu ingat, dimusim hujan tanpa menjaga tubuhmu fit dapat menyebabkan penyakit yang akan mengganggu keseharianmu.

Kamu tidak akan mau terkena hal seperti itu, khususnya jika kamu anak kos-kosan yang sendirian. Oleh karena itu, kamu perlu mengikuti 7 tips sederhana ini agar tetap sehat walaupun di musim hujan.


1. Perhatikan apa yang kamu makan

Menjaga nutrisi adalah hal paling sederhana yang bisa kamu lakukan. Sering-seringlah memasak makanan rumah ketimbang jajan di luar. Itu untuk menjaga higienitas nutrisi yang masuk ke dalam tubuhmu agar tidak ada kuman yang ikut.


2. Makan makanan berkuah panas

Tidak salah kok untuk minum minuman panas di musim hujan mengingat udaranya yang cukup dingin. Kamu bisa mencoba teh hijau atau cokelat panas sebagai menunya.

Semangkok sup panas juga baik bagi tubuhmu. Hal ini dapat mencegah demam atau infeksi karena adanya perubahan suhu yang terjadi pada tubuhmu.


3. Mengonsuimsi vitamin C

Vitamin C membantu mempercepat penyembuhan diri terhadap virus. Masih banyak perdebatan apakah vitamin C merupakan obat untuk demam, namun tidak ada salahnya mengonsumsinya karena dapat membantu kinerja antibodi. Coba masukkan lada merah dan hijau, pepaya, dan nanas dalam menu keseharianmu guna menambah asupan vitamin C.


4. Banyak minum air

Jangan pernah menunggu haus sebelum meminum air. Haus merupakan pertanda tubuhmu mengalami dehidrasi. Dengan tetap terhidrasi walaupun dalam kondisi rendah temperatur membuatmu terus menerus mengeluarkan racun-racun di luar tubuhmu lewat kecing yang kamu keluarkan.


5. Menjaga kebersihan dan kerapihan

Mungkin ini terkesan tidak penting, tetapi menjaga kebersihan membuatmu selalu higienis. Perlu diingat kuman menyebar di tempat-tempat kotor, jadi menjaga kebersihan telah menghindari kamu dari kuman-kuman tersebut. Selain itu kamar yang rapi mampu membuatmu beristirahat lebih nyaman.


6. Mandi air hangat

Tampak berlawanan bukan? Kenapa harus mandi jika sudah basah? Itu karena mandi, terlebih menggunakan air hangat setelah hujan-hujanan meningkatkan suhu tubuhmu.

Di sisi lain, mandi juga membersihkanmu dari kuman-kuman yang menempel di tubuh dan melindungimu dari infeksi. Jika tidak merasa ingin mandi, paling tidak cobalah merendam kakimu dengan air hangat.


7. Tetap terlindungi

Pernahkah kamu bertanya kenapa banyak orang yang terkena demam ketika mereka basah karena hujan? Menurut para ilmuwan, mendinginkan tubuh khususnya bagian kaki, dapat menyebabkan seseorang terkena gejala demam lantaran orang tersebut telah terkena virus demam.

Secara teori tubuh menahan aliran darah untuk menjaga kehangatan tubuh, menyebabkan hidung meler yang sangat disukai virus demam. Karena itu gunakan pelindung macam jas hujan agar tubuhmu tidak basah kena hujan.





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.