Header Ads


6 Penyebab Umum yang Membuat Anda Gatal



Gatal itu sudah menjadi hal biasa yang dialami kita semua. Hampir sehari-hari kita rasakan, dan menariknya itu bisa dari level sangat mengganggu hingga tidak berpengaruh apa-apa. Untuk mengatasinya tentu saja kamu harus mengetahui penyebabnya terdahulu. Berikut adalah penyebab-penyebab yang umumnya membuatmu gatal.


1. Kulit kering

Hal paling sederhana yang membuatmu gatal adalah keringnya kulitmu. Ini bisa dikarenakan banyak sebab. Mungkin kamu sedang berada di ruang atau area yang dingin, seperti di ruang ber-AC atau bisa jadi karena memang umurmu yang bertambah tua. Untuk mengatasinya, paling tidak yang bisa kamu lakukan adalah memberikan pelembap kulit, minum air yang banyak, mandi cepat tanpa menggunakan air panas dan menggunakan sabun lembut.


2. Kena ruam

Gatal juga bisa disebabkan ruam yang ada di kulit, namun jika terdapat ruam maka itu menandakan kulitmu bermasalah. Ruam itu bisa disebabkan karena infeksi jamur dan bakteri yang mendekam di kulitmu.

Gigitan serangga, seperti laba-laba dan nyamuk juga bisa menjadi penyebabnya. Tapi untuk kasus yang lebih ekstrem, ruam ini bisa dikarenakan asma, alergi atau bahkan bahan berbahaya dari yang kita kenakan.


3. Gatal di bawah kulit

Gatal yang ini berbeda dari lainnya. Kamu merasakannya di bawah kulit dan tidak bisa digaruk, dan gatal ini bisa menjadi gejala dari permasalahan yang lebih dalam. Mungkin kamu memiliki masalah-masalah psikologi yang berhubungan dengan stress bahkan hingga alergi terhadap sinar matahari. Kehamilan juga bisa menjadi penyebab utama.


4. Gangguan saraf

Ada kalanya ketika kamu terkena penyakit, sistem sarafmu mengalami kebingungan sehingga menginformasikan dirimu merasa gatal walaupun sebenarnya tidak terjadi apa-apa. Umumnya penyakit-penyakit yang mampu membuatmu merasakan gatal ini merupakan penyakit dalam yang menyerang sistem saraf, seperti tumor otak, stroke, sinanaga hingga sclerosis.


5. Gangguan psikologi

Gatal juga bisa  didapatkan karena gangguan kejiwaan. Walaupun tubuhmu tidak mengalami masalah apa-apa, tetapi permasalahan psikologimu menciptakan rasa gatal di seluruh tubuh. Alhasil, pemeriksaan dokter tidak mampu memberikan info apa-apa.

Rasanya pun bisa seperti gatal di bawah kulit yang malah terus merangkak ke dearah-daerah lain. Terlalu seringnya menggaruk gatal tipe ini akan membuatmu melukai kulit. Adapun gangguan jiwa yang mempengaruhi itu adalah depresi, kecemasan, obsesif kompulsif dan trichotillomania.


6. Penyakit parah

Gatal juga bisa datang dari penyakit yang parah. Umumnya gatal-gatal ini tak kunjung berhenti. Penyakit parah yang mendatangkan rasa ini adalah penyakit liver, penyakit ginjal, tiroid, diabetes, HIV dan kekurangan zat besi.

Jika gatalmu hanya berlangsung selama beberapa hari saja, itu tidak jadi masalah, tetapi jika itu berangsur-angsur tidak berhenti sebaiknya kamu segera ke dokter. Siapa yang tahu kalau ternyata gatalmu itu merupakan pertanda penyakit parah. Iya kan?





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.