Header Ads


Aneh Tapi Ampuh! Inilah 7 Cara Pengobatan Tradisional Cina



Majalahqqhoki - Pengobatan Tradisional Cina didasarkan pada tradisi yang telah ada selama ribuan tahun. Pemikiran di balik pengobatan tradisional ini adalah: Masalah kesehatan disebabkan oleh ketidakseimbangan atau gangguan dalam energi vital tubuh, yang biasa disebut Qi.

Qi mengalir melalui jalur di tubuh yang disebut meridian, yang berhubungan dengan organ tertentu. Ketidakseimbangan energetika mengganggu aliran Qi yang normal, sehingga menyebabkan penyakit.

Pengobatan tradisional cina memanipulasi energi di saluran ini untuk mengembalikan keseimbangan, menciptakan kesehatan dan kebugaran yang lebih baik. Walaupun beberapa dirasa agak unik, cek 7 pengobatan tradisional cina yang super ampuh ini.


1. Akupunktur

Salah satu praktek pengobatan cina yang bernama akupunktur, telah ada selama ribuan tahun. Praktisi akupuntur akan melihat dimana Qi dalam tubuhmu yang stagnan (biasanya ditandai dengan rasa sakit) dan memasukkan jarum kecil tipis untuk menstimulasi Qi di jalur meridian tubuh itu, memperbaiki ketidakseimbangan energi, memperbaiki aliran Qi dan menstimulasi aliran darah di sekitar area yang terkena efek.

Stimulasi titik akupunktur bisa meningkatkan sirkulasi, mengurangi peradangan, memicu obat penghilang rasa sakit alami tubuh dan menstimulasi respons penyembuhan alami tubuh. Memang, beberapa penelitian telah membuktikan akupunktur bisa membantu memfasilitasi penyembuhan untuk kondisi mulai dari nyeri kronis hingga mengurangi rasa sakit dan mual pada pasien kanker.


2. Bekam

Bagi beberapa orang, bekam sudah tidak lagi terdengar asing bahkan suka melakukannya sendiri di rumah sebagai pengganti kerokan.  Bekam menggunakan gelas atau gelas plastik pada kulit untuk menciptakan vakum dan menarik darah ke permukaan kulit.

Rasanya seperti dipijat, tetapi meninggalkan serangkaian memar melingkar yang bisa berlangsung lama. Berguna untuk penatalaksanaan nyeri, gangguan pernafasan, dan peningkatan sirkulasi, bekam dianggap mempercepat proses detoksifikasi, membuang apa yang tidak dibutuhkan tubuh, dan mengurangi pembengkakan serta peradangan.


3. Moksibusi

Moksibusi melibatkan ramuan yang disebut mugwort dan dibakar di atas titik-titik akupunktur tertentu. Dalam pengobatan tradisional cina, panas dari ramuan ini dianggap ampuh untuk menyehatkan dan memperkuat qi, mendukung aliran serta sirkulasi yang tepat, mengurangi rasa sakit, meningkatkan fungsi organ dan mempercepat penyembuhan. 


4. Gua Sha

Gua Sha adalah teknik di mana kulit ditekan atau digesek dengan objek untuk membuat "sha," sebuah 'petechiae' sementara (warna merah/keunguan mirip dengan memar) yang berasal dari pergerakan sel darah dari kapiler ke jaringan di sekitarnya. Yap, ini yang biasa kita kenal sebagai kerokan.

Karena pembuluh darah yang lemah dipecah, itu mengarah pada proses yang disebut angiogenesis, pembentukan dan penciptaan pembuluh darah yang lebih kuat. Ini memungkinkan perfusi oksigen yang lebih besar ke area yang terkena, lebih banyak nutrisi ke jaringan dan perasaan relaksasi, serta meredakan nyeri.


5. Auriculotherapy

Titik-titik tertentu pada bagian luar telinga berhubungan langsung dengan berbagai organ dan wilayah tubuh. Latihan, yang disebut auriculotherapy, melibatkan penggunaan teknik akupresur atau akupunktur di bagian-bagian telinga untuk "mengaktifkan" titik-titik tertentu yang dianggap membawa bantuan untuk berbagai masalah kesehatan. Stimulasi dari titik aurikularis dapat dicapai melalui tekanan dengan jari-jari, tekanan dengan pelet metalik, magnet kecil atau biji yang ditempelkan ke titik-titik atau melalui penyisipan jarum akupunktur.


6. Obat Tradisional

Banyak obat tradisional cina yang sangat manjur tapi terkadang rasanya sangat tidak enak karena agak asing bagi kita. Misalnya, hai piao xiao (tulang sotong) digunakan untuk menenangkan refluks asam karena kalsium karbonatnya yang mampu menurunkan asam lambung.

Chan tui (jangkrik) digunakan untuk menenangkan tenggorokan yang terganggu dan banyak kondisi kulit lainnya karena adanya kandungan chitin, yang antimikroba dan anti-inflamasi. Namun, selalu hati-hati sebelum mengkonsumsi ramuan apa pun karena ramuan itu harus dibuat oleh profesional agar bisa dikonsumsi dengan aman.


7. Qi Gong

Pada dasarnya, qi gong memadukan "qi" (energi sumber kehidupan) dengan "gong" (yang berarti keterampilan melalui latihan). Lebih praktisnya, ini adalah perpaduan antara latihan dan meditasi menggunakan postur, gerakan, teknik pernapasan, pijat diri, suara, dan fokus. Para peneliti menemukan bahwa qi gong membantu menurunkan tekanan darah dan bahkan lebih efektif ketika dikombinasikan dengan obat anti-hipertensi (bila dibandingkan dengan minum obat anti-hipertensi saja).

Apa pendapatmu tentang obat tradisional cina? Pernah meminum teh tulang sotong atau pergi ke akupuntur? Bisa jadi mereka adalah pengobatan yang kamu cari-cari selama ini.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.