Header Ads


Berat Badan Cepat Naik?? !0 Alasan Ini Mungkin Penyebabnya!



Majalahqqhoki - Banyak wanita berusia 20-an yang mengeluh jika tubuh mereka mengalami kenaikan berat badan yang cukup banyak. Jika sebelumnya, makan banyak nggak jadi masalah, kini makan sedikit saja sudah bisa membuat berat badan naik.

Menurunkan berat badan memang tidak mudah. Kamu sudah merasa rajin berolahraga dan melakukan program diet, tetapi jarum timbangan tak kunjung mengarah ke kiri. Kamu berpikir semua usaha yang kamu lakukan untuk berolahraga dan diet menjadi sia-sia.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan berat badan meningkat. Selain itu, kebiasaan-kebiasaan sehari-hari kamu juga menentukan bertambahnya berat badan kamu. Berikut ini beberapa alasan dan kebiasaan kamu yang membuat tubuh kamu cepat gemuk, ladies.


1. Ngemil setelah makan malam

Kebiasaan ngemil setelah makan malam adalah kebiasaan yang harus diubah, apalagi jika kamu ngemil makan makanan manis, seperti cokelat. Sebaiknya kamu mengganti kebiasaan tersebut dengan makanan yang rendah kalori.


2. Melewatkan sarapan pagi

Setiap harinya tubuh kamu membutuhkan energi, melewatkan sarapan pagi akan membuat tubuh kamu kekurangan energi dan akibatnya ketika siang kamu akan merasa sangat lapar yang berlebihan. Hal ini akan membuat kamu makan-makanan yang berlebihan di siang hari. Jika aktivitas kamu hanya di dalam ruangan, kalori akan disimpan di dalam tubuh dan tidak ada pembakaran, ini akan membuat tubuh kamu lebih melar.


3. Makan terlalu cepat

Makan yang terlalu cepat hanya akan membuat kamu cepat lapar kembali. Inilah salah satu alasan mengapa tak berapa lama kemudian kamu akan memutuskan untuk ngemil. Hal inilah yang menyebabkan tubuh kamu cepat gemuk.


4. Mengalami stres dan depresi

Jangan remehkan depresi serta stres yang kamu rasakan. Sebagian besar orang mungkin akan menjadikan makanan sebagai pelariannya dari stres dan tekanan yang dirasakannya. Semakin kamu merasa tertekan, maka semakin banyak makanan yang kamu makan tanpa memperhatikan kondisi kesehatan. Hal ini tentu saja berbahaya karena saat kamu mengalami stres, biasanya kamu tidak menyadari seberapa banyak makanan yang telah kamu makan dan mengakibatkan berat badan naik secara tiba-tiba.


5. Kurang berolahraga

Pada waktu sekolah dulu, kamu minimal melakukan olahraga seminggu sekali. Sebab, olahraga menjadi salah satu mata pelajaran dalam sekolah. Namun setelah lulus sekolah, kamu lebih fokus pada kuliah atau pekerjaan dan mulai melupakan kebiasaan olahraga. Hal inilah yang membuat tubuhmu mengalami kenaikan badan setelah memasuki usia 20-an. Perlu kamu sadari, olahraga itu penting untuk menjaga kebugaran dan kestabilan metabolisme tubuh.


6. Kurang tidur

Kamu mungkin menyadarinya, semakin bertambahnya usia, semakin berkurang pula waktu tidur kamu. Hal ini karena semakin banyaknya tugas atau pekerjaan yang harus kamu kerjaan, atau bisa juga karena faktor gaya hidup kamu. Kurang tidur akan membuat tubuh kamu kurang istirahat, sehingga membuat metabolisme tubuh kamu jadi nggak teratur dan bisa mengakibatkan kegemukan.


7. Tidak fokus makan

Sering kali otak kita berkelana kemana-mana ketika melakukan sesuatu, salah satunya ketika makan. Makan dilakukan sambil menonton televisi akan membuat kita lupa diri, secara tak sadar kita memasukkan makanan ke dalam mulut lagi dan lagi. Kita pun tidak sadar rasa makanan yang kita makan. Bahkan satu porsi besar makanan dapat lenyap dalam hitungan detik. Fokus pada makanan, rasa dan setiap kunyahannya dapat membuat kita sadar jika kita sudah kenyang.


8. Sering merasa bosan

Jika kamu sering merasa bosan dengan mudah, apalagi kalau tidak ada kegiatan yang bisa kamu dilakukan. Perlu kamu sadari, saat kamu merasa bosan dan tidak ada kerjaan, kamu akan makan jauh lebih banyak. Kamu makan hanya untuk pelampiasan rasa bosan dan bukan karena memang lapar.


9. Pergi berbelanja dalam keadaan lapar

Pergi berbelanja merupakan sebuah kebutuhan, tapi jika kamu pergi berbelanja dalam keadaan lapar, itu bukanlah suatu kombinasi yang baik. Pada akhirnya kamu akan membeli dan memakan banyak makanan saat berbelanja. Ketika merasa lapar, otak akan menerima sinyal rasa ingin memakan sesuatu, sehingga mengirimkan sinyal untuk membeli apa saja yang kamu lihat.


10. Penuaan

Seiring dengan bertambahnya usia, maka massa otot di dalam tubuh akan berkurang, sehingga secara tidak langsung kalori yang akan dibakar setiap harinya akan berkurang. Penurunan kemampuan membakar kalori ini tentunya berpengaruh terhadap berat badan seseorang. Makanan yang setiap hari dimakan menjadi tidak bisa dibakar sehingga akan menumpuk di dalam tubuh dan membuat berat badan naik.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.