Header Ads


Kebanyakan Ngopi Ternyata Berbahaya lho! Ini Dia 8 Efek Dari Kebanyakan Ngopi




Kopi sudah menjadi ketergantungan bagi sebagian orang. Benar, kopi bisa membantu tubuh dalam proses pembakaran lemak sehingga stamina meningkat, sistem saraf pusat terangsang, dan menetralkan tubuh dari polusi udara, asap, hingga paparan sinar ultraviolet.

Namun, di samping manfaatnya bagi kesehatan tubuh, kopi juga bisa berbahaya bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 8 bahaya kopi jika dikonsumsi secara berlebihan.


1. Insomnia

Hampir semua orang mengetahui bahkan mengalami hal ini. Kandungan kafein dalam kopi menyebabkan gangguan tidur, seperti insomnia. Namun bagi kaum millenials, tidak sedikit dari mereka yang bukannya menghindari masalah itu, tetapi malah dimanfaatkan untuk produktivitas kerja mereka.


2. Sakit kepala

Konsumsi kopi yang terlalu banyak juga menimbulkan sakit kepala. Jadi, bagi yang tidak terbiasa atau kondisi tubuhnya tidak mendukung, minumlah kopi secukupnya saja.


3. Darah tinggi

Sebuah studi dari Charalambos Vlachopoulos, MD, mengatakan bahwa kafein meningkatkan kekakuan secara cepat terhadap arteri besar bagi orang dengan tekanan darah tinggi.


4. Pencernaan terganggu

Ternyata kafein juga mempengaruhi pencernaan. Minum kopi yang terlalu banyak bisa menyebabkan sakit perut, apalagi jika perut masih dalam keadaan kosong.


5. Kolesterol meningkat

Sebuah penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi lima cangkir kopi setiap hari berpotensi tinggi meningkatkan kadar kolesterol darah hingga 8%. Hal ini dikarenakan kandungan minyak terpene di dalam kopi. 


6. Risiko stroke dan serangan jantung meningkat

Dalam Journal of Neurology, Neurosurgery, and Psychiatry, disebutkan bahwa konsumsi kopi lebih dari lima gelas setiap hari dapat meningkatkan risiko kerusakan pembuluh darah. Ini berkaitan secara signifikan dengan stroke dan serangan jantung.


7. Asam lambung meningkat

Senyawa kafein atau katekol yang terkandung pada kopi bisa meningkatkan produksi asam lambung secara signifikan jika dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini perlu diperhatikan, terutama bagi orang yang memiliki masalah lambung atau maag.


8. Detak jantung lebih cepat dari biasanya

Menurut dr. Jansen Ongko, MSc, RD, seorang pakar kesehatan dan nutrisi, konsumsi kopi yang berlebihan bisa membuat detak jantung lebih cepat dari biasanya. Ini terjadi pada orang-orang yang memiliki masalah kesehatan jantung.

Dosis asupan kafein yang dianjurkan oleh para ahli adalah 200-300 mg perhari. Mulai sekarang, sebaiknya lebih perhatikan lagi jumlah konsumsi kopimu ya agar tetap sehat.





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.