Header Ads


6 Makanan Ini Dapat Meningkatkan Jumlah Trombosit Anda!



Trombosit merupakan bagian sel darah yang sangat penting karena berfungsi sebagai pembeku darah. Saat terjadi pendarahan seperti luka gores yang membuat tangan terluka dan berdarah, trombosit adalah bagian sel darah yang mengubah darah jadi lengket hingga bergumpal dan kemudian menghentikan pendarahan. 

Jika tubuh kita kekurangan trombosit maka banyak penyakit yang bisa mudah masuk menyerang kekebalan tubuh. Misalnya seperti salah satu penyakit yang kini sedang banyak terjadi, Demam Berdarah (DBD).

Untuk mencegah atau mengobati keadaan trombosit rendah seperti ini, yuk konsumsi beberapa buah yang bisa meningkatkan produksi trombosit di bawah ini!


1. Wortel

Wortel mengandung banyak vitamin A yang dimana sangat dibutuhkan dalam memproduksi trombosit yang sehat. Nutrisi ini penting untuk pembentukan protein dalam darah. Kandungan protein yang sehat dalam tubuh membantu proses pembelahan dan pertumbuhan sel. Beberapa makanan lain yang juga bisa jadi alternatif pemasok vitamin A antara lain seperti labu, kangkung dan ubi jalar. 


2. Asparagus

Kekurangan folat dalam tubuh dapat menyebabkan jumlah trombosit darah rendah. Oleh sebab itu asparagus sangat baik untuk dikonsumsi untuk menambahkan vitamin B9 atau asam folat yang dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit darah.


3. Hati

Selain asam folat dan vitamin A, vitamin K juga sangat baik untuk meningkatkan kadar trombosit darah. Makanan bergizi seperti hati bisa jadi pilihan menu sehat untuk meningkatkan trombosit. Selain itu daging, kol, dan telur juga bisa jadi pengganti, jika kamu gak suka dengan rasa olahan hati yang cenderung amis.


4. Keju

Meskipun sering terlihat sebagai lemak jahat dalam fast food,  namun keju ternyata memiliki kandungan vitamin B-12 dapat membantu menjaga sel-sel darah menjadi sehat. Sehingga produksi trombosit juga otomatis menjadi meningkat.


5. Delima

Kandungan zat besi yang tinggi dalam delima merupakan asupan bergizi untuk sel-sel darah. Termasuk bagi mereka yang memiliki trombosit rendah. Biji delima juga memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan meningkatkan imunitas tubuh. Sehingga delima jadi salah satu buah dengan paket komplit yang sangat baik dikonsumsi saat sakit.


6. Jeruk

Vitamin C bertanggung jawab untuk membantu trombosit agar dapat berfungsi dengan baik. Fungsi lain dari vitamin C juga mampu membantu tubuh untuk menyerap zat besi, yang juga berperan dalam kontribusi terhadap peningkatan trombosit darah. 

Di musim rawan penyakit seperti DBD seperti ini, ada baiknya kita memperhatikan asupan konsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Terlebih jika trombosit rendah, maka wajib banget hukumnya mengkonsumsi beberapa jenis makanan seperti tadi untuk menjaga sistem imun tubuh. 




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.