Header Ads


6 Manfaat Luar Biasa Saat Kamu Lebih Memilih Untuk Belanja Offline!



Majalahqqhoki - Tak terbantahkan, belanja ibarat sesuatu yang sangat krusial dalam hidup. Bagaimana tidak, suatu kebutuhan hidup harus dipenuhi dengan cara berbelanja. Baik itu guna membeli pangan atau shopping untuk melengkapi koleksi pakaian, yang jelas berbelanja adalah hal yang pasti kamu lakukan. 

Meski di zaman modern seperti sekarang orang-orang tertarik dengan online shopping, rupanya masih banyak pula yang lebih berminat belanja secara langsung atau offline shopping. 

Kelebihannya bukan cuma dapat melihat secara langsung produk yang ingin dibeli. Ternyata belanja offline punya 6 manfaat luar biasa ini lho, guys!


1. Terjadi peningkatan mood ketika kamu berbelanja offline

Bagi kamu semua, berbelanja adalah momen yang membahagiakan. Ternyata ada alasan logis yang mendasarinya, lho. Dilansir dari Medical Daily, sebuah studi di Brunel University menemukan keterkaitan antara efek berbelanja dengan kinerja otak. Tingkat dopamin meningkat seiring dengan kamu melakukan offline shopping. Itulah yang menjadi alasan kenapa mood dapat meningkat ketika berbelanja. 


2. Stres dan penat yang kerap kamu rasakan jadi berkurang

Kesibukan sehari-hari sudah pasti membuat kamu kerap merasakan yang namanya stres dan penat. Nah, melakukan shopping secara langsung dapat menjadi refreshing tersendiri buat kamu. Apalagi ketika kamu membeli sesuatu yang kamu incar. Saat mood baikmu meningkat, otomatis rasa stres dan kepenatan akibat hari-hari yang sibuk ikutan menghilang. 


3. Tanpa sadar terjadilah sosialisasi saat kamu belanja offline

Shopping bukan hanya perkara kamu membeli suatu barang. Di balik itu, kamu ikut bersosialisasi. Ketika kamu berbelanja langsung ke pusat perbelanjaan, muncul interaksi singkat yang terjadi antara kamu dan pramuniaga. Atau jika kamu belanja bareng teman, pasti makin banyak komunikasi yang terjadi.


Dilansir dari Reader's Digest, hasil temuan The Lancet Commission menunjukkan isolasi dapat sebabkan tekanan darah tinggi dan depresi. Itu artinya, saat kamu bersosialiasi di offline shopping, secara tak sadar kamu pun terhindar dari risiko tersebut.


4. Belanja langsung ke tempatnya, sama halnya dengan kamu berolahraga ringan

Berbelanja langsung mengharuskan kamu untuk banyak berjalan kaki saat sudah sampai di tempatnya. Nah, waktu yang kamu habiskan untuk offline shopping pasti diisi dengan aktivitas fisik. Berjalan kaki, gerak tubuh saat kamu mencoba pakaian, atau saat naik turun tangga berjalan. Walaupun jarang kamu sadari, namun kegiatan berbelanja offline sama halnya dengan kamu berolahraga ringan, lho. 


5. Bantu turunkan berat badan karena tubuhmu banyak bergerak


Dikarenakan banyaknya pergerakan tubuh yang terjadi ketika offline shopping, maka ada kemungkinan menurunnya berat badan. Fakta ini didukung kuat oleh riset dari pusat perbelanjaan Debenhams di Britania Raya.

Dilansir dari Telegraph, hasil penelitian dari Debenhams menunjukkan wanita Inggris yang berjalan kaki dan mengangkat tas belanjaan dapat membakar 385 kalori per minggu. Wah, kamu yang mau berat badan turun bisa coba cara ini, nih!


6. Tak disangka-sangka, belanja offline dapat memperpanjang umur

Menurut sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Epidemiology and Community Health, aktivitas berbelanja offline dapat mengurangi risiko kematian sebesar 27% pada orang lanjut usia. Hal ini merupakan kelebihan dari kegiatan berjalan kaki ketika offline shopping yang membuat orang usia lanjut menjadi aktif secara fisik. 

Nah, meskipun sekarang semua serba mudah dengan adanya belanja online, sepertinya kamu juga harus sesekali memilih belanja offline nih, guys. Biar cegah keuangan yang membengkak saat shopping, tentu kamu mesti sudah atur budget-nya dari rumah.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.