Header Ads


7 Jenis Bau yang Keluar Dari Tubuhmu, Ternyata Mengindikasi Suatu Penyakit lho!



Majalahqqhoki - Bau badan orang sudah sangat mengganggu, entah itu dirasakan oleh sang penderitanya atau hanya kamu sendiri yang sadar akan bau tersebut. Tapi apakah kamu tahu jika bau badan tersebut bisa jadi indikasi akan adanya permasalahan kesehatan?

Tidak selalu bau badan itu normal begitu apa adanya. Sebaiknya kamu ketahui dari mana asalnya bau badan itu dan seperti apa detail aromanya. Karena dengan begitu, kamu bisa tahu apakah sebenarnya badanmu sedang sakit atau tidak. Berikut ini beberapa macam bau di tubuh yang mengindikasikan ada masalah pada kesehatanmu!


1. Bau buah-buah di napasmu

Bau buah-buahan itu menyenangkan, tapi akan berbeda jadinya jika bau itu datang dari mulutmu, terlebih ketika bangun tidur. Berdasarkan artikel Bustle terhadap wawancara kepada seorang dokter, bau tersebut bisa jadi indikasi diabetic ketaocidosis, kondisi  yang berpotensi menyebabkan diabetes yang tak terkontrol.


2. Bau di area vagina

Bagi wanita, bau di area kemaluan tersebut sudah sewajarnya terjadi. Yang tidak wajar jika bau tersebut begitu kuat atau amis. Itu bisa menunjukkan bahwa vagina tersebut terkena infeksi bakteri, yang dikenal sebagai bacterial vaginosis (BV). “BV adalah perubahan bakteri di area vagina yang membuat kotor dan bau, khususnya setelah melakukan seks,” ujar Caroline Mitchell dari Massachussetts General Hospital terhadap Bustle.


3. Masalah kulit yang berujung bau

Bau badan juga bisa datang karena masalah kulit. Jika hal tersebut benar, maka kulitmu bermasalah sangat parah karena terdapat banyak bakteri di penyakit kulit tersebut. “Gangrene, atau matinya lapisan kulit, adalah salah satu yang memberikan bau menyengat dan bisa seperti bau daging yang membusuk,” ujar Jennifer Stagg, penulis Unzip Your Genes.


4. Keringat yang lebih bau

Mereka yang memiliki bau berlebihan di keringatnya bisa jadi menjadi indikasi terkena hyperthyroidism. Tiroid yang overactive akan membuatmu tidak menyadari hal ini, terkecuali dari baunya sendiri.


5. Mulut bau setelah sakit

Bukan hal yang normal jika kamu mengalami bau mulut setelah mengalami demam. Disinyalir kasus macam ini bisa terjadi akibat infeksi yang terlalu lama. “ Bau mulut yang parah bisa jadi tanda terlalu banyaknya bakteria yang tumbuh di area gusi atau infeksi di area sinus,” ujar Stagg.

Seharusnya permasalahan bau mulut dapat hilang dengan mudah lewat seringnya membersihkan gigi dan area mulut. Tetapi jika tidak hilang-hilang, itu berarti ada masalah besar di dalam mulutmu.


6. Bau kencing yang super kuat

Gejala-gejala yang berbau bisa datang dari mana saja. Salah satunya datang dari air urinmu. Bau menyengat tersebut bisa diakibatkan karena racun dalam tubuh atau toxin sedang keluar dari tubuh, yang tentu saja baunya tidak akan enak.


7. Bau badan setelah stres

Bau badan tidak hanya terjadi karena gangguan kesehatan secara fisik saja, tetapi juga mental. Mereka yang mempunyai gangguan kecemasan akan dapat mengeluarkan keringat berlebih yang dinamakan keringat stres.

Keringat ini dikeluarkan oleh kelenjar yang berbeda ketimbang keringat lain dan memiliki bau yang lebih kuat. Jadi periksalah ke terapis untuk mengatasi masalah gangguan mental tersebut, agar keringatmu tidak bau.

Memang bau badan itu dikarenakan pubertas juga, tapi ya nggak parah-parah amat harusnya. Kalau menurutmu sudah berlebihan, segeralah ke dokter.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.