Header Ads


Hati-hati! 7 Penyakit Ini Bisa Tertular Dari Pemakaian Toilet yang Tidak Higienis!



Toilet adalah salah satu tempat paling jorok di muka bumi. Jika tidak sering dibersihkan, ruang kecil tersebut bisa menjadi tempat ajang berkumpulnya berbagai penyakit yang cukup "populer". Berhati-hatilah untuk yang sering menggunakan toilet umum. Berikut ini adalah penyakit-penyakit yang bisa kamu temui di toilet kotor.


1. Jerawat di pantat

Kamu tahu apa yang membuat adanya jerawat di pantat? Higienitas. Jika celana dalam yang kamu pakai tidak bersih, jerawat di pantat pun bisa kamu dapatkan. Itupun juga yang bisa terjadi jika dudukan toilet tidak bersih juga. Berhati-hatilah untuk yang menggunakan toilet umum.


2. Ebola

Percaya tidak percaya, penyakit berbahaya yang sempat mewabah ini dikatakan bisa menular lewat toilet juga. Di Afrika sana, kedokteran setempat harus terus mewaspadai hal-hal yang digunakan atau dikenakan para penderita ebola. Mulai dari toilet hingga ujung sepatu, semuanya memiliki risiko untuk menularkan.


3. Hepatitis A

Dikatakan ini adalah penyakit yang cukup umum menyerang para pengguna toilet kotor. Diikuti dengan gejala demam, mual hingga keram perut, penyakit bisa jadi hal yang berbahaya jika telat disadari dan diwaspadai. Virus hepatitis A sendiri sering ditularkan lewat kotoran dari orang yang terinfeksi.


4. Pilek dan flu

Banyak penelitian menunjukkan jika gagang pintu hingga penyiram toilet merupakan area paling kotor di toilet, termasuk salah satunya dari virus influenza. Karena itu toilet umum sering menyebabkan kamu rentan terhadap penyakit flu.


5. Jamur kulit

Pernahkah kamu melihat iklan-iklan tentang salep pembersih jamur kulit? Di iklan tersebut selalu ditunjukkan lokasi kamar mandi atau toilet. Itu karena kelembapan ruangan itu memang faktor terbesar untuk meninggikan resiko hidupnya jamur, tak terkecuali jamur kulit yang biasa terdapat di kaki. Ini bisa terjadi jika mereka yang menggunakan toilet tidak mengenakan alas kaki.


6. Infeksi bakteri enteric

Infeksi ini datang dari makanan terkontaminasi yang masuk ke dalam tubuh dan terbawa oleh feses serta muntahan yang dikeluarkan oleh mereka yang terinfeksi. Adapun itu adalah virus salmonella dan e.coli yang menyebabkan gejala-gejala macam diare, keram perut, mual dan muntah-muntah.


7. Penyakit pencernaan

Penyakit-penyakit gangguan pencernaan juga bisa didapatkan oleh penggunaan toilet yang tidak higienis. Hal ini bisa datang dari mana saja. Mulai kontaminasi tangan yang datang dari menggunakan gagang pintu hingga dudukan toilet bekas penggunaan orang lain.

Semua penyakit ini bisa menular ke kamu jika tubuhmu tidak fit. Karena itu sering-seringlah berolahraga dan hidup sehat agar kalau suatu hari nanti kamu harus menggunakan toilet kotor, kamu tidak akan kenapa-kenapa.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.