Header Ads


Inilah 7 Efek Negatif Pemanis Buatan Bagi Tubuh Kita!



Majalahqqhoki - Coba kamu perhatikan, ada berapa banyak camilan dan minuman kemasan yang kamu makan hari ini? Sadar ataupun gak, makanan dan minuman kemasan banyak mengandung pemanis buatan.

Sama seperti gula, pemanis buatan ternyata juga punya efek buruk kalau dikonsumsi secara berlebihan. Dilansir dari berbagai sumber, ini dia efek buruk yang harus kamu waspadai. 


1. Konsumsi pemanis buatan menyebabkan kamu terus lapar

Itu karena asupan pemanis buatan yang berlebih lama-kelamaan akan mematikan sistem nafsu makanmu. Jika ini dibiarkan, metabolisme tubuhmu bisa terganggu. Saat hal itu terjadi, produksi hormon insulinmu terganggu sehingga kamu merasa selalu lapar, padahal kamu sudah makan banyak.


2. Gak hanya gula, pemanis buatan pun bisa menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas

Sama berbahayanya dengan gula, pemanis buatan yang terlalu banyak dikonsumsi bisa membuat tubuhmu kelebihan lemak pada perut dan lingkar pinggangmu. Inilah yang membuatmu berisiko mengalami obesitas. The San Antonio Heart Study melihat perubahan drastis laki-laki dan perempuan yang mengonsumsi pemanis buatan selama 7-8 tahun.


3. Konsumsi berlebih pemanis buatan punya efek samping, mulai dari sakit kepala, pusing, kembung, mual, diare hingga masalah pencernaan

Efek samping ini bisa menumpuk dari waktu ke waktu dan menyebabkan penyakit yang lebih serius.


4. Risiko sindrom metabolik

Sindrom metabolik adalah masalah kesehatan yang disebabkan oleh terganggunya sistem metabolisme. Sindrom metabolik ini umumnya membuat seseorang mengalami gula darah tinggi, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. Jika dibiarkan, ginjal, jantung hati dan sistem hormon akan terganggu. Risiko terserang stroke tiba-tiba pun bisa terjadi.


5. Konsumsi pemanis buatan pun meningkatkan risiko diabetes tipe 2

Semakin banyak pemanis buatan yang kamu konsumsi, semakin tinggi pula produksi hormon insulin dalam tubuhmu. Peran insulin sendiri adalah untuk mengubah gula menjadi energi. Namun, jika berlebihan, tubuhmu akan resistan terhadap insulin. Jika dibiarkan, kamu akan mengalami diabetes.


6. Saat mengalami diabetes, seseorang bisa mengalami komplikasi

Adapun, komplikasi tersebut mencakup hipertensi, penyakit jantung, kebutaan bahkan kanker.


7. Bisa juga seseorang mengalami darah tinggi

Konsumsi pemanis buatan berlebih akan mengganggu fungsi jantung untuk memompa darah. Selain itu, bisa juga meningkatkan tekanan darah dan membuat hati membuang lemak menuju aliran darah. Jika dibiarkan, kamu berisiko mengalami aterosklerosis atau pengerasan arteri. Ujung-ujungnya, kamu bisa mengalami sakit jantung.

Karena itu, gak mengonsumsi gula bukan berarti kamu bisa leluasa mengonsumsi pemanis buatan. Bukan perkara besar jika kamu mengonsumsinya sesuai anjuran. Namun, jangan sampai berlebihan ya.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.