Header Ads


Inilah 7 Etika Makan Sushi yang Benar! Jangan Sampai Salah Yah



Majalahqqhoki - Bagi sebagian besar orang Indonesia, sushi bukan lagi makanan asing. Menjamurnya restoran-restoran Jepang di Indonesia memudahkan kita makan makanan khas Negeri Sakura itu. 

Tapi, tahukah kamu kalau ada etika tersendiri selama makan sushi? Simak ulasan di bawah ini biar kamu gak salah saat memakannya!


1. Bisa makan pakai tangan

Selama ini kita makan sushi pakai sumpit, kan? Nah, ternyata kita bisa pakai tangan, lho. Mungkin cara ini terlihat kasar, tapi makan sushi pakai tangan adalah cara tradisionalnya. Kalau mau makan pakai tangan, gunakan ibu jari dan jari tengah untuk menjepitnya ya. 


2. Penggunaan wasabi, jahe, dan kecap asin yang sesungguhnya

Untuk menambah rasa, kamu bisa menambahkan kecap asin dan wasabi pada sushi. Tapi, jangan tambahkan acar jahe ya. Acar jahe berfungsi untuk membersihkan lidah kamu dari berbagai macam sushi. Jangan dicampur-campur ya!


3. Jangan asal celup, sushi punya cara celup tersendiri

Mencelupkan sushi ke kecap asin ada caranya sendiri. Kamu bisa mencelupkan bagian ikannya ke dalam kecap, karena kalau kamu mencelupkan bagian nasinya, nanti nasinya akan pecah. Jadi susah dimakan, deh!


4. Makan sushi sekali lahap

Untuk makan sushi, kamu harus menempatkan bagian ikannya pas ke lidah kamu. Makan dengan cara ini dipercaya akan membuat rasa sushinya lebih mantap. Oh iya makannya juga sekali hap ya!


5. Jangan campur wasabi dan kecap asin ya!

Hayoo...ngaku, pasti kamu sering mencampur wasabi ke dalam kecap asin! Sebetulnya cara itu kurang tepat, lho. Kalau kamu ingin menambahkan wasabi pada sushi, tambahkan saja tanpa dicampur kecap asin.


6. Jangan menyalurkan sushi dengan sumpit

Membagi sushi ke orang lain adalah hal biasa. Tapi, bukan berarti asal membagi juga. Kamu tidak boleh memberikan sushi ke orang lain melalui sumpit, karena dianggap kurang sopan. Kamu harus menyiapkan piring kecil untuk menyalurkannya.


7. Jangan beri tips ke chef

Mengapresiasi koki karena telah memasak hidangan yang nikmat adalah hal yang terpuji. Tapi tak perlu memberi tips, kamu cuma perlu membungkukkan badan sebagai tanda terima kasih. Memberi tips kepada chef termasuk tindakan yang kurang sopan di Jepang.

Nah, sekarang gak bakal salah lagi, kan? By the way, sushi jenis apa yang paling kamu suka nih? Tulis di kolom komentar ya!




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.