Header Ads


Penjelasan Mengapa Kita Bisa Tersetrum Ketika Bersentuhan Dengan Orang!



Majalahqqhoki - Sebagian dari manusia, pasti pernah merasakan kesetrum saat menyentuh orang lain, meskipun hanya dengan ujung jarinya saja. Padahal kalau dipikir-pikir, bagaimana bisa manusia mempunyai energi listrik, kalau bukan manusia super? Nah jangan salah, justru manusia memang memiliki aliran listrik dalam tubuh karena sel-sel yang dimilikinya lho. 

Seperti yang pernah kita pelajari waktu sekolah dulu, semua benda di dunia ini memiliki unsur atom di dalamnya, begitu pun dengan manusia. Proton, elektron, dan neutron yang terdapat pada atom ini lah yang memiliki peran penting dari aksi ini. Kita bisa kesetrum satu sama lain karena elemen proton dan elektron yang tidak seimbang. Tapi, apa ya yang bisa membuat hal ini terjadi? Yuk, kita cek penyebabnya.


1. Kondisi kulitmu yang sedang kering

Untuk kamu yang berkulit kering, ada baiknya kamu mengoleskan tanganmu dengan hand lotion agar kulitmu menjadi lembab. Pada dasarnya, kondisi kulit yang kering membuat elemen elektron menjadi mudah terlepas dan mengakibatkan tubuh menjadi lebih banyak muatan positif atau digandrungi dengan elemen proton. Sebab itu, kamu jadi lebih rentan kesetrum saat menyentuh orang lain yang memiliki elektron berlebih dibanding kamu. 


2. Pakaian yang kamu kenakan mengandung penghantar listrik

Kata siapa kita tidak perlu memperhatikan bahan pakaian yang akan kita kenakan? Itu penting lho. Mungkin sebagian orang berpikir, asal pakaiannya enak dan nyaman dipakai, mengapa tidak? Justru, ada beberapa bahan pakaian yang kita miliki berpotensi untuk menghantarkan listrik, seperti wol, polyester, dan sutra. Biasanya, bahan pakaian yang terbuat dari serat hewani memiliki elemen elektron di dalamnya yang membuat kita jadi merasakan sensasi kesetrum.

Nah, kalau begini keadaannya, lebih baik pilih pakaian yang berbahan katun atau kulit asli untuk kamu kenakan. Sifatnya yang netral, dijamin kamu gak akan kesetrum lagi deh kalau menyentuh orang lain.


3. Menggunakan sepatu yang berbahan karet

Tidak hanya pakaian, bahan sepatu juga harus diperhatikan lho. Biasanya, sepatu yang bersol karet akan mudah untuk menghantarkan listrik. Ditambah dengan cara jalanmu yang menyeret, sudah pasti membuat dirimu lebih mudah untuk kesetrum. Gesekan antara sepatu dengan lantai membuat tubuhmu memiliki elemen elektron yang dominan atau muatan negatif yang berlebih.

Jadi, coba untuk mengganti sepatu yang bersol kulit dan atur cara jalanmu dengan tidak menyeret agar kamu tidak tersengat listrik statis dengan mudah. 


4. Berada di tempat yang memiliki kelembaban udara yang rendah

Apakah kamu pernah kesetrum saat berada di mall? Itu hal yang wajar. Tempat yang memiliki kelembaban udara yang rendah seperti mall, bisa mengakibatkan kamu tersengat listrik secara mudah dengan orang lain. Hal ini terjadi karena ketidakseimbangan antara jumlah proton dan elektron yang ada di udara. 

Tidak hanya di mall, negara yang memiliki udara dingin pun bisa menimbulkan hal ini juga. Jadi, para penduduk yang tinggal di sana, mereka mengatasi timbulnya listrik statis adalah dengan mempersiapkan alat pelembab udara (humidifier) yang berguna untuk menetralkan atom yang kurang seimbang.


5. Gesekan pakaian saat terlalu lama duduk di kursi plastik

Saat kita duduk di kursi plastik, secara tidak sadar pakaian kita ikut tergesek dengan kursi plastik tersebut. Tapi, tahukah kamu kalau aktivitas yang kamu tidak sadari itu bisa membuat kesetrum saat menyentuh orang lain?

Hal itu terjadi karena gesekan tersebut membuat elemen elektron mudah lepas dan tubuh kita menjadi terdominasi dengan elemen proton. Nah, cara yang tepat untuk mengatasi hal ini adalah jangan terlalu lama duduk di kursi plastik atau gunakan pakaian yang bersifat netral agar kamu tidak kesetrum.

Jadi, itulah hal-hal yang dapat menimbulkan sengatan listrik kecil kalau kita menyentuh orang lain guys. Kamu pernah merasakannya juga kan?




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.