Header Ads


Suka Kuliner Ayam Betutu Khas Bali? Ini dia 12 Warung Ayam Betutu di Bali yang Wajib Dicoba!



Ayam betutu merupakan olahan ayam legendaris dari Bali. Untuk yang suka masakan pedas, ayam betutu menjadi pilihan yang highly recommended banget. Rasa nikmatnya yang khas merupakan kombinasi dari kuah ayam betutunya sendiri dan pedas segar dari sambal matah.

Nasi ayam betutu biasanya tersaji bersama lauk tambahan seperti telur masak bali, sate lilit, lawar dan sambal matah. Setiap komposisi ini saling melengkapi dan bikin rasanya jadi enak banget dilidah.

Konon olahan betutu ini dulunya hanya bisa diolah dengan teknik khusus dalam waktu masak yang sangat lama. Masaknya juga masih tradisional dengan sekam dan bara api. Bahkan, ayam betutu ini hanya akan dibuat khusus untuk upacara adat saja. Tak seperti zaman old, saat ini kalian beruntung banget karena bisa mencicipinya kapan saja selama di Bali.

So, belum sah pokoknya kalau ke Bali tanpa mencicipi ayam betutu. Meski di Bali banyak sekali sebenarnya warung yang menjajakan nasi ayam betutu ini tapi gak semuanya bisa pas di lidah dan kantong. Untuk itu berikut rekomendasi 12 warung ayam betutu paling nikmat di Bali yang wajib dicoba.


1. Ayam Betutu Pak Man

Ayam Betutu Pak Man terkenal dengan rasanya yang enak, pedas, bumbunya meresap dan gurih banget. Tekstur dagingnya sedikit berserat karena menggunakan ayam kampung. Namun tetap lembut dan mudah lepas dari tulangnya.

Ayam betutu paling nikmat disantap dengan nasi hangat dan makanan khas Bali lainnya seperti sambal matah, sate lilit, pepes ayam, plecing kangkung, lawar bali dan masih banyak lagi. Selain ayam betutu ada juga bebek betutu yang rasanya tak kalah juara. Untuk menikmati ayam betutu satu ekor kalian cukup merogoh uang Rp85.000 saja.

Area makan dan parkirannya luas sehingga nyaman buat kalian yang pengen datang rombongan. Kesan interior khas Bali begitu terasa karena menggunakan bambu pada pilar bangunannya.

Warung makan ini juga dekat dengan Joger sehingga usai makan bisa sekalian mampir buat beli oleh oleh khas Bali. Lokasinya mudah dijangkau yakni di Jalan Kubu Anyar No 72X, Kuta, Badung, Bali.


2. Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Berlokasi di Jalan Wolter Monginsidi No 63A, Senopati, Bali. Warung ini tawarkan tiga macam ayam betutu yakni ayam betutu kuah, goreng dan bakar. Dengan Rp 37.000 per porsi ayam betutu kuah kalian bisa menyantapnya dengan sambal pendampingnya antara lain sambal tomat, sambal matah, sambal cabai krinyi, sambal mbe, dan sambal terasi.

Kalau mau beda, bisa pesan nasi campur bali yang super komplit yang terdiri dari nasi, ayam bumbu rajang, ayam sisit, udang bumbu bali, sate lilit, telur balado, urap, kacang goreng dan lawar.


3. Ayam Betutu Mek Rati

Beralamat di Jalan Sri IV No 12 Campuhan II, Kuta, Bali. Rumah makan ini buka mulai jam sembilan pagi sampai enam malam. Seporsi ayam betutu khas warung ini berisi nasi, ayam betutu, tum ayam, telur rebus, sayur dan kacang goreng.

Kalian bakal terhipnotis dengan kelembutan daging ayam betutu di sini yang terkenal perfect. Ditambah bumbu genap yang meresap sampai ketulang dan sensasi aroma bakaran daging ayam yang bikin tambah nafsu makan.

Kalau masih mau naikin level pedas, makannya bisa ditambah sambal matah atau sambal kering khas disini. Ayam betutu dibanderol Rp15.000 sampai Rp85.000 per porsinya. Pilihannya ada ayam betutu biasa, ayam betutu spesial dan ayam betutu satu ekor.


4. Ayam Betutu Pak Sanur

Tempatnya sederhana tapi nyaman dan terkesan homey. Lokasinya ada di Jalan Arjuna No 19, Ubud, Bali. Rasa autentik tetap terjaga dimana warung ini telah ada sejak 1986. Meski tersembunyi antrian tetap ramai bahkan seringkali pengunjung gigit jari karena kehabisan. Pastikan datang awal karena tempat ini buka dari jam delapan pagi. Pokoknya warung ini bisa jadi list referensi tempat sarapan enak di Bali.

Tekstur dagingnya empuk karena dimasak dengan teknik khusus selama dua belas jam. Bumbunya seimbang dengan rasa pedas yang cukup. Seporsi terdiri dari nasi, potongan ayam betutu, tumis sayur labu, usus ayam goreng, kacang tanah goreng dan sambal.

Khusus untuk menikmati ayam betutu utuhan kalian wajib order sehari sebelum datang. Harga ayam betutu disini terjangkau yakni dibanderol Rp25.000 per piring dan Rp100.000 per ekor.


5. Ayam Betutu Men Tempeh

Berlokasi di Jalan Gilimanuk, Melaya, Jembrana, Bali. Warung ini buka dari jam tujuh pagi hingga delapan malam waktu setempat. Warung ayam betutu legendaris ini terkenal dengan citarasanya yang super pedas. Ayam betutunya memakai ayam kampung jadi kuah kaldunya lebih gurih dan penuh bumbu.

Selain varian autentik yang ayam betutu kuah ada juga betutu goreng. Satu porsi dibanderol Rp95.000 terdiri dari nasi, ayam betutu utuh, kacang goreng, plecing kangkung, sambal terasi dan sambal matah. Kalau datang sendiri bisa pesan paket ayam betutu per potong atau yang setengah ekor saja.

Yang mau explore rasa lain ada juga menu nusantara seperti nasi goreng yang tak kalah nagih!


6. Warung Betutu Liku

Warung ayam betutu ini awalnya hanya buka di Jalan Nakula Timur No 19A Legian Kuta, Badung Bali. Lalu baru baru ini mereka buka cabang di Jalan Tukad Musi, Renon, Denpasar, Bali. Lokasinya yang dekat dengan Kuta dan Seminyak membuat warung makan ini rame terus setiap harinya terutama di jam makan siang. Usahakan datang pagi ya karena tak jarang masakan betutu ludes dengan cepat bahkan sebelum sore hari.

Komposisi isiannya antara lain nasi, ayam betutu kuah, telur pindang, sayur kacang panjang, kacang tanah goreng, timun dan sambal matah. Tak ketinggalan tambahan kentang goreng garing yang menambah tekstur rasa ayam betutu kalian. Tambahan kentang goreng inilah yang unik dan bikin nasi ayam betutu disini lebih spesial dari warung ayam betutu ditempat lain.

Selain kenikmatan masakannya yang hakiki harganya pun bisa bikin dompet menari. Untuk nasi ayam betutu biasa dibanderol Rp 15.000 sedang nasi ayam betutu jumbo dibanderol Rp20.000. Selain makan ditempat kalian bisa beli ayam betutu satu ekor utuh untuk oleh oleh dengan harga Rp65.000. Bisa pilih yang beku atau biasa. 


7. Nasi Ayam Betutu Jago

Berlokasi di Jalan Tukad Pakerisan, Denpasar Selatan, Bali. Seporsi ayam betutu datang bersama sate lilit, telur kecap, lawar kacang panjang, tumis sayur manisa, kacang tanah goreng, kerupuk udang dan sayur jungkut nangka. Sayur jungkut nangkanya gurih dan sedikit pedas. Berisi kuah kaldu dan potongan nangka muda.


8. Nasi Betutu Rahayu Wayan Rupa

Kalau mau sarapan ayam betutu kalian bisa datang ke Warung Rahayu Wayan Rupa yang mulai buka dari jam delapan pagi. Lokasinya gampang ditemukan yakni di Jalan Mahendradata, Bitera, Gianyar, Bali.

Sepiring nasi ayam betutu berisi nasi, ayam betutu, serundeng, urap kacang panjang dan telur rebus. Ada juga bebek betutu atau ayam panggang. Rasanya khas dan yang menyenangkan adalah harganya yang murah yakni per porsinya dibanderol Rp20.000.


9. Ayam Betutu Ibu Nia

Warung ayam betutu Ibu Nia berlokasi di Jalan Merdeka No 1, Renon, Denpasar, Bali. Biar lebih hemat kalian bisa pesan nasi campur ayam betutu. Sepiring paket nasi campur ayam betutu terdiri dari nasi, kangkung, kacang tanah goreng, sambal matah dan semangkuk kuah kaldu berisi ceker dan nangka.

Untuk ayam betutu dibanderol kisaran Rp22.000 sampai Rp130.000. Ayam yang disajikan ada yang ayam kampung dan broiler. Selain ayam juga ada bebek betutu yang sama nikmat dan pedasnya.

Asyiknya disini kalau makan ditempat kalian bisa nambah sambal matah sepuasnya. Biar makin lahap ada kerupuk kulit ayam yang kriuknya mantap. 


10. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Di Bali ada tiga cabang di Kedewatan Ubud, Seminyak dan Denpasar. Seporsi nasi ayam betutu per piring dibanderol Rp35.000 terdiri dari nasi, ayam betutu, sate lilit, pepes ayam, urap, telur rebus, kacang tanah goreng dan jerohan goreng. Tak lupa sambal matah yang pedasnya mantap.  


11. Warung Betutu Ibu Rai

Berlokasi di Jalan Tukad Citarum No 43, Denpasar, Bali. Bumbu betutu yang melimpah jadi ciri khas warung ini. Dengan proses pemasakan memakai oven selama delapan jam maka tekstur dagingnya jadi empuk dan rasa bumbunya meresap sampai ke tulang. Sebelum diungkep betutu disini diasap dulu jadi aroma smokeynya menambah selera makan.

Varian bahan betutu di warung ini ada empat macam yakni bebek, ayam broiler, ayam petelor dan ayam kampung. Untuk rasa pasti tak perlu diragukan apalagi harganya worth it yakni kisaran Rp100.000 sampai Rp150.000 per ekor. 


12. Betutu Lina Gilimanuk

Terkenal dengan kuah pedas sekaligus gurih yang bikin nagih. Rempahnya meresap sempurna dengan proses pemasakan yang lama. Seporsi nasi ayam betutu terdiri dari nasi, ayam betutu, plecing kangkung, sambal matah dan kacang tanah goreng.

Untuk ukuran ayamnya bisa disesuaikan dari seperempat ekor, separuh ekor atau satu ekor. Kalian bisa mencoba dua macam pilihan ayam betutu yakni kuah atau goreng. Kalau masih belum puas dengan menyantap nasi ayam betutu ada lagi menu khas Bali yang endes lainnya seperti bebek betutu, nasi campur, sate lilit dan masih banyak lagi.

Menggiurkan semuanya, ya? Nah, jangan lupa ngicipin menu ayam betutu khas Bali ini saat berlibur ke sana!




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.