Header Ads


Ternyata Kopi Bisa Bikin Panjang Umur! Ini Dia 5 Alasan Ilmiahnya!



Kopi merupakan minuman untuk memulai hari. Tapi kopi bukan sekedar minuman nikmat yang membuat harimu semangat aja, lho. Kopi memiliki ratusan senyawa yang memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menemukan bahwa semakin banyak orang minum kopi, semakin rendah risiko kematian mereka. Wah, coffee addict bakalan panjang umur nih. Cari tahu yuk penjelasannya!


1. Kopi memiliki antioksidan

Antioksidan adalah molekul kimia yang melindungi sel dari kerusakan, penyakit, dan penuaan. American Institute for Cancer Research melaporkan bahwa kopi memiliki lebih banyak antioksidan daripada satu porsi jus anggur, blueberry, raspberry, atau jeruk. Memanggang biji kopi bahkan membuat antioksidan lebih kuat.


2. Kopi baik untuk kesehatan mental

Penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health telah menemukan bahwa kopi mengurangi risiko depresi hingga 20 persen, dan risiko bunuh diri hingga 53 persen.


3. Kopi dapat mencegah dan mengobati diabetes tipe 2

Studi yang dilakukan American Diabetes Association menemukan bahwa asam klorogenik yang ditemukan dalam kopi mengurangi kadar glukosa darah dengan menghambat penyerapannya ke dalam usus kecil. Hal tersebut mencegah glukosa memasuki aliran darah dan mencegah meningkatnya gula darah. Asam klorogenik juga mengurangi kadar gula darah dengan meningkatkan insulin.


4. Kopi dapat mencegah penyakit jantung

Dari 36 studi prospektif yang dilakukan menunjukkan bahwa konsumsi kopi moderat dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular, dengan 3–5 gelas kopi per hari. Oleh sebab itu, kopi membantu mencegah penyempitan atau pengerasan pembuluh darah.


5. Kopi dapat mencegah penyakit liver

Peneliti Italia Dr. Carlo La Vecchia menemukan bahwa kopi memengaruhi enzim hati dan melindunginya terhadap pembentukan kanker hati.

Meskipun kopi memiliki banyak manfaat, tapi bukan berarti kamu mengonsumsinya dengan jumlah yang berlebihan ya. Tetap batasi jumlah gula yang ada di dalam kopi. Lebih baik jika meminumnya tanpa krim dan gula, agar manfaat yang terkandung dalam kopi tetap terjaga dengan baik.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.