Header Ads


Ternyata Memakan Sushi Bisa Mencegah Penyakit Jantung lho!



Sushi adalah makanan khas Jepang yang terbuat dari beberapa bahan seperti nasi, ikan, rumput laut, udang dan bahan lainnya. Menjamurnya restoran khas Jepang membuat makanan ini semakin popular di Indonesia.

Bentuk makanan ini sangat unik. Ikan yang digunakan biasanya adalah ikan tuna atau salmon. Selain itu terdapat saus soyu asin yang menambah lezat rasanya. Menu sushi sudah menjadi menu santapan sehari-hari di Jepang, dan ternyata makanan ini bisa mencegah masalah jantung lho. Mau tahu faktanya? Cek di sini!


1. Kandungan gizi di dalam sushi yang kamu santap punya manfaat baik buat tubuhmu

Ditinjau dari segi gizi dan kesehatan, sushi merupakan makanan yang baik bagi tubuh karena kandungan asam lemak tak jenuh yang terdapat pada ikan mentah. Asam lemak ini biasa disebut dengan Omega 3 yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Zat ini berfungsi untuk memperlancar pembuluh darah sehingga akan menghindari penyumbatan peredaran darah.

Omega 3 juga berguna untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti artritis dan juga asma. Selain itu minimnya kandungan lemak dari ikan mentah nggak akan bikin kamu gemuk.  


2. Konsumsi sushi mencegah penyumbatan pembuluh darah

Menurut para ahli kandungan Omega 3 yang terdapat pada ikan dapat menekan penyumbatan pembuluh darah, sehingga makan sushi pun juga bermanfaat untuk menekan penyakit jantung. Penderita penyakit jantung sangat disarankan untuk banyak mengkonsumsi ikan karena dapat mempercepat penyembuhannya. Selain berkhasiat untuk kesehatan jantung, ikan juga mempunyai banyak manfaat lain seperti mencegah penyakit kanker. Bahkan dapat menjaga elastisitas kulit wanita sehingga ia awet muda karena kandungan cileniumnya.


3. Dalam kandungan sushi terdapat nori yang baik untuk tubuh

Selain ikan, terdapat nori yang dibuat dari rumput laut yang dihaluskan, kemudian dipotong dengan ketebalan yang sangat tipis. Nori mengandung banyak mineral yang sangat penting bagi tubuh, diantaranya kalsium, magnesium, fosfor, potassium dan besi.

Nori juga bermanfaat untuk  mengatur stres pada tubuh karena mengandung pantothenic acid yang penting bagi kelenjar adrenal. Jika kamu kekurangan pantothenic acid akan menyebabkan infeksi, kelelahan dan rasa khawatir berlebihan. Terlebih, nori termasuk kategori makanan berserat tinggi. Serat rumput laut ini bersifat mengenyangkan dan memperlancar proses metabolisme tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi bagi penderita kelebihan berat badan.


4. Sushi dapat merugikan bagi yang memiliki penyakit tertentu

Disamping manfaat yang telah dijelaskan diatas, kamu perlu juga mewaspadai resiko yang dapat muncul dari konsumsi sushi yang berlebihan. Sushi memliki kandungan berbahaya yaitu kandungan merkuri pada daging ikan mentah. Sushi yang mengandung merkuri tinggi tentu dapat memberikan efek buruk pada kesehatan tubuh.

Resiko lainnya adalah kandungan garam tinggi pada kecap soyu. Bagi penderita darah tinggi, kecap pada sushi sangat beresiko. Resiko yang lain adalah kandungan bakteri dan cacing gelang yang terdapat pada ikan mentah.

Nah gimana? Sudah tahu 'kan manfaat yang bisa kamu dapat dengan mengkonsumsi sushi? Tapi pastikan tetap berhati-hati ya karena bagaimana pun ada efek buruk yang akan kamu dapat jika mengkonsumsinya secara berlebihan.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.