Header Ads


7 Jenis Keju Ini Ternyata Tidak Baik Buat Kesehatan lho!



Majalahqqhoki - Bagi kamu penggila keju, pasti menganggapnya sebagai makanan paling enak sedunia. Seperti ada yang kurang sedap jika makanannya tidak ditambahkan dengan keju. Selain itu, keju punya berbagai macam jenis.

Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Ada yang memiliki banyak kalori, ada pula yang banyak lemak.

Dari semua keju yang pernah kamu makan, ternyata ada beberapa keju yang seharusnya tidak kamu makan. Dilansir dari Mashed.com, inilah 7 keju yang tidak boleh kamu makan. Ingin tahu keju apa saja dan mengapa? Simak di bawah ini ya.


1. Queso fresco

Keju ini berasal dari Meksiko. Queso fresco berarti “keju putih”, yang terbuat dari susu sapi yang tidak dimatangkan. Alasan gak boleh makan keju ini karena adanya bakteri listeria di dalamnya. Wanita hamil sangat dilarang mengonsumsi keju ini, karena bisa berakibat keguguran.


2. Mascarpone

Mascarpone merupakan salah satu jenis keju yang sangat mahal. Selain itu, keju ini memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi yaitu sekitar 50 persen.

Seperti yang kita ketahui, kandungan lemak itulah yang justru membuat dessert  atau hidangan lainnya menjadi enak. Tetapi, kandungan lemak yang berlebihan juga tidak baik.


3. Cheddar

Mendengar nama keju ini masuk dalam daftar keju yang tidak boleh dimakan, pasti kamu langsung protes. Pasalnya, keju ini merupakan salah favorit kebanyakan orang.

Keju ini memang enak, tapi tanpa disadari akan berdampak buruk jika dimakan secara berlebihan. Ternyata cheddar mengandung garam yang cukup tinggi.


4. Gruyere

Umumnya, keju ini biasa digunakan sebagai tambahan isian sandwich. Sepotong keju gruyere mengandung protein dan kalsium. Selain itu, ada juga kandungan 117 kalori dan 9 gram lemak per onsnya.

Hal buruknya, jika kamu menaruh dua potong keju di dalam sandwich atau makananmu, kamu akan memakan lebih dari 200 kalori dan 18 gram lemak. Itu sudah melebihi asupan lemak harian yang seharusnya.


5. Sheep cheese

Jika kamu mengira bahwa keju yang terbuat dari susu domba lebih baik dibanding yang terbuat dari susu sapi, kamu keliru. Para peneliti dari Finlandia, MTT Agrifood Research, telah melihat berapa banyak metana yang diproduksi oleh domba, sapi, dan kambing. Hasilnya menunjukkan ternyata domba paling banyak mengandung metana.


6. Limburger

Limburger merupakan keju yang berasal dari abad ke-19 di Kadipaten sejarah Limburg, yang sekarang dibagi antara Belgia, Jerman, dan Belanda. Keju ini terkenal dengan aromanya yang sangat kuat.

Aroma yang kuat ini disebabkan adanya bakteri yang bernama brevibacterium epidermis. Bakteri tersebut biasanya tumbuh di keju-keju yang lembut. Mendekati keju ini saja, kamu perlu berpikir ulang sebelum memakannya, karena baunya sangat tidak sedap.


7. Velveeta

Produk keju ini mengandung 80 kalori dan 6 gram lemak.  Selain itu, Velveeta juga tinggi laktosa. Kalau kamu ada masalah dengan laktosa atau sensitif dengan produk susu, sebaiknya hindari produk keju ini. Keju yang kaya lemak, kalori, dan tinggi laktosa tersebut akan memperburuk kesehatanmu.

Jadi itulah 7 keju yang seharusnya tidak kamu konsumsi. Mulai sekarang kurangi konsumsi keju ini atau hindarilah jika kamu lebih ingin hidup sehat.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.