Header Ads


Berikut 7 Manfaat Jika Pola Tidur Anda Teratur Setiap Hari!



Majalahqqhoki - Setiap orang, pastinya punya aktivitas kesehariannya masing-masing. Dimulai dari pagi dan malamnya istirahat. Tapi nih, gak jarang ada beberapa orang yang masih berkutat dengan aktivitasnya sampai larut malam.

Mulai dari alasan sudah deadline, tanggung, sampai agar besoknya bisa tenang dan santai. Sebenarnya, hal seperti itu gak baik kalau dilakukan keseringan. Lebih baik istirahat pada saat malam dan tidur.

Tidur dengan pola yang teratur memang sering diabaikan. Umumnya, tubuh butuh waktu istirahat 7-9 jam lamanya. Dengan mengatur pola tidur yang cukup, kamu akan mendapat 7 manfaat di bawah ini!


1. Mempertajam daya ingat

Otak menjadi tumpuan saat kamu sedang berpikir, bagaimana pun juga otak pun butuh istirahat. Dengan tidur yang cukup, gak hanya mempertajam fungsi otak, tapi juga dapat mempertajam daya ingat.


2. Memerpanjang usia dan terlihat awet muda

Kelihatan memang secara fisik di wajah, orang yang sering begadang sama orang yang memiliki tidur yang cukup. Efek keseringan begadang itu membuat wajah terlihat lusuh dan kantung mata lama-lama jadi lebar.

Tapi gak demikian dengan orang yang pola tidurnya dijaga. Wajahnya jadi lebih fresh dan terlihat awet muda. Bahkan nih, menurut penelitian, dengan pola tidur yang cukup dapat memperpanjang usia.


3. Mencegah munculnya penyakit kronis

Tubuh memang gak bisa dipaksakan, apalagi terus menerus beraktivitas dengan jam tidur yang singkat. Untuk itu, lebih baik jangan terlalu memaksakan tubuh ketika tubuh sudah lelah pada jam malam.

Hal ini akan berdampak jangka panjang. Jika kamu menjaga pola tidurmu, maka penyakit kronis seperti jantung, diabetes, stroke, sampai penuaan dini bisa dihindari.


4. Berpikir lebih cepat

Selain mempertajam daya ingat, dengan pola tidur yang cukup, maka otak dapat merespon lebih cepat. Seperti misalnya dapat berpikir lebih cepat. Dengan begitu, ide-ide serta kreativitas yang ada dalam pikiran kamu lebih cepat tersalurkan.


5. Membuat pikiran lebih jernih

Dengan pikiran yang lebih jernih, maka terhindar dari pikiran-pikiran yang negatif. Dengan begitu, kamu akan lebih mantap ketika berinteraksi, hingga mampu memberikan sebuah solusi pada orang lain.


6. Emosi terkontrol

Terkadang, marah disebabkan oleh emosi gak terkontrol, setelah itu baru sadar bahwa sebenarnya gak perlu pakai marah-marah. Orang yang kurang tidur, memang rentan dengan mood yang gak stabil dan lebih cepat marah. Hal itu dikarenakan otak yang kurang istirahat, sehingga pikiran pun terganggu dan hal inilah yang bisa menyebabkan stres! Duh, sebaiknya jaga pola tidur supaya gak gampang stres dan emosi lebih terkendali.


7. Berat badan terjaga

Makan sedikit kok masih tetap gemuk, malah berat badan gak terkontrol? Bisa jadi karena kamu salah mengatur pola makan. Selain itu, pola tidur juga berpengaruh dalam mengontrol berat badanmu.

Soalnya nih, saat tidur di dalam tubuh akan mulai melakukan proses pencernaan makanan dan penyerapan nutrisi. Dengan begitu pencernaan dalam tubuh mejadi lancar.

Jadi ingat ya, tubuh butuh istirahat. Kamu bukan robot yang bisa terus menerus beraktivitas tanpa henti. Yuk, mulai hidup sehat dengan mengatur pola tidur dan istirahat yang cukup mulai dari sekarang!




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.