Header Ads


Bokong Sering Sakit? Mungkin Ini 7 Penyebabnya



Majalahqqhoki - Sakit di bagian bokong merupakan kondisi yang bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita. Nyeri yang muncul saat kondisi ini terjadi akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kasus bokong sakit ini sendiri jarang terjadi secara berkepanjangan dan menyebabkan keadaan buruk hingga masuk rumah sakit. Akan tetapi, sebaiknya ketahui beberapa penyebabnya agar tidak menimbulkan kepanikan. Berikut ini beberapa di antaranya!


1. Adanya saraf yang terjepit

Bokong terasa begitu menyakitkan mungkin bisa saja disebabkan karena adanya saraf yang terjepit. Biasanya, sakit tersebut akan dipicu terjepitnya saraf pada bagian pinggang atau punggung.


2. Penyumbatan pembuluh darah

Pembuluh darah yang tersumbat dapat menciptakan berbagai kondisi kesehatan yang buruk. Rupanya, hal ini juga berlaku bagi sakit di daerah bokong. Aliran darah yang tidak lancar mampu menyebabkan kesemutan dan nyeri pada bagian tersebut.


3. Faktor usia

Usia yang terus bertambah kerap kali menjadi faktor munculnya berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah sakit bokong, pinggang, dan punggung. Kerapuhan tulang yang semakin parah juga menyebabkan rasa sakit pada tubuh meningkat.


4. Adanya otot yang terkilir

Area bokong bisa saja mengalami nyeri dan sakit akibat adanya otot bagian bawah seperti paha dan lutut terkilir. Ketika memasuki usia yang sudah tidak lagi muda, sebaiknya kurangi aktivitas fisik yang berlebihan.


5. Wasir

Wasir adalah pembengkakan yang terjadi di dalam saluran pembuangan. Pembengkakan ini menyebabkan beberapa pembuluh darah membesar dan kemungkinan terbesarnya adalah munculnya kondisi bokong yang sakit.


6. Efek samping obat tertentu

Tanpa disadari, meminum obat yang sembarang dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan tidak semua obat aman dikonsumsi dan gak ada jaminan tidak menimbulkan efek samping tertentu. Rasa sakit di bagian bokong dan nyeri bisa saja terjadi akibat konsumsi obat tertentu.


7. Efek dari menstruasi

Bagi perempuan, saat mengalami menstruasi, maka area rahim akan mengalami sedikit pembengkakan akibat ketegangan otot di sekitar pelvis, hingga otot di area bokong. Jika sudah seperti ini, wanita akan merasakan ngilu yang tidak tertahankan di bagian bokong, sehingga untuk duduk pun terasa tidak nyaman.

Itu dia beberapa kondisi yang menyebabkan kondisi bokong terasa sakit. Jika kamu merasa tidak nyaman dengan kondisi tersebut, tidak ada salahnya untuk mengunjungi dokter spesialis saraf, agar mendapatkan pemeriksaan secara lengkap.





Majalahqqhoki

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.