Header Ads


Ini 11 Makanan yang Dipercaya Bisa Mencegah Kanker!



Majalahqqhoki - Gaya hidup yang modern dan serba instan tak hanya memiliki dampak positif, tapi juga efek negatif. Cenderung tidak sehat, kurangnya olahraga dan kebiasaan konsumsi makanan cepat saji dapat memengaruhi kesehatan tubuh kita.

Salah satu penyakit yang terdekat dan bisa terjadi kapan saja adalah kanker, mengingat di dalam tubuh kita sendiri sudah ada sel kanker. Kanker merupakan penyebab kematian nomor tujuh di Indonesia dan nomor dua di dunia. Saking bahayanya, Badan Kesehatan Dunia atau WHO (World Health Organization)  memprediksi jumlah penderita kanker di Indonesia akan meningkat tujuh kali lipat pada tahun 2030.

Waduh! Daripada menyesal di kemudian hari karena pola konsumsi yang ngawur, sebaiknya kita mulai memperbaikinya dari sekarang. Sebelas makanan di bawah ini dipercaya bisa mencegah kanker. 


1. Brokoli

Mengandung sulforaphane, brokoli salah satu sayuran yang memiliki kandungan antikanker. Cukup tinggi, sebuah penelitian menunjukkan kandungan dalam brokoli ini mampu mengurangi sel kanker payudara hingga 75 persen. 

Penelitian juga dilakukan pada seekor tikus dan hasilnya adalah brokoli bisa menghancurkan sel kanker prostat dan mengurangi tumor lebih dari 50 persen. Wow!


2. Wortel

Mengonsumsi wortel juga dipercaya mampu mengurangi beberapa jenis kanker. Penuh nutrisi, wortel mengandung poli-asetilena dan falcarinol.

Kandungan-kandungan tersebut dipercaya mampu mengurangi kanker perut hingga 26 persen. Ada pula kanker prostat yang bisa berkurang sebanyak 18 persen. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa wortel mampu mengurangi kanker usus. 


3. Semua jenis buah berry

Tinggi akan anthocyanin, semua jenis buah berry mampu mengurangi risiko kanker. Dalam sebuah penelitian, ada 25 orang dengan kanker usus besar yang diberikan ekstrak bilberry dalam seminggu. Hasilnya, ada pengurangan jumlah sel kanker sekitar tujuh persen.

Tak hanya itu, ada juga penelitian terhadap seekor tikus yang telah diberi raspberry hitam dan hasilnya luar biasa. Ada pengurangan tumor hingga 62 persen. 


4. Kayu manis

Kayu manis memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh, yang paling terkenal adalah mengurangi gula darah dan menetralkan inflamasi. Mengandung senyawa-senyawa baik seperti anin, flavonoid, triterpenoid, dan saponin, kayu manis juga mampu mencegah timbunan lemak di hati.

Timbunan itu bisa berisiko kanker dalam jangka waktu yang panjang. Kamu bisa mengonsumsi kayu manis sekitar tiga gram sehari sebagai pencegah kanker.


5. Kacang-kacangan

Resveratrol, salah satu kandungan baik dalam kacang-kacangan bagus untuk kesehatan jantung dan mencegah sel-sel kanker. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kacang mampu mengurangi sel-sel kanker di bagian usus besar, pankreas, dan rahim. Kacang Brasil dan walnut juga bisa mengurangi kanker payudara hingga 80 persen. 


6. Minyak zaitun

Minyak zaitun terkenal akan manfaat baiknya. Dalam sebuah jurnal yang berjudul Molecular & Cellular Oncology, ditemukan bahwa minyak zaitun mengandung zat Oleo Chantal (OC) yang mampu membunuh sel-sel kanker.

Sangat cepat dan aman, zat ini bisa mengurangi sel kanker dalam waktu 30 menit, tanpa memengaruhi sel normal lainnya.  Kamu bisa menggunakannya sebagai olahan dalam hidangan apapun!


7. Kunyit

Banyak bahan aktif yang ditemukan dalam kunyit, dipercaya memiliki banyak dampak baik, yakni antikanker, antioksidan, dan antiinflamasi. Zat kurkumin ampuh mengurangi penyebaran sel kanker usus besar dengan menargetkan enzim-enzim tertentu.

Masih banyak lagi, sel-sel kanker yang ada di leher, kepala, usus, prostat, dan payudara juga bisa berkurang, meski tidak terlalu signifikan.


8. Tomat

Lycopene yang terkandung dalam tomat, yakni zat antikanker. Semakin banyak lycopene yang terserap tubuh, risiko terkena kanker prostat juga bisa berkurang. Kamu bisa mengonsumsi dua buah tomat sehari yang bisa dicampur dengan pasta, sandwich, salad, saus, dan olahan lainnya. 


9. Bawang putih

Allicin, bahan aktif dalam bawang putih telah terbukti mampu mengurangi sel-sel kanker perut dan prostat. Adapun alternatif lain, banyak sayuran yang mengandung allicin, seperti daun bawang dan bawang merah.  Kamu bisa mengonsumsi setidaknya satu butir bawang putih per hari agar terhindari kanker, nih!


10. Biji flax

Bagus untuk diet, biji flax ternyata juga dipercaya mampu mengurangi sel-sel kanker. Kaya akan serat, biji flax bisa mengurangi risiko kanker perut. 

Dalam sebuah penelitian, seorang wanita berumur 32 tahun dengan kanker payudara diberi asupan biji flax setiap hari dalam sebulan. Hasilnya, ukuran tumor di payudaranya mengecil, lho!


11. Salmon

Ikan salmon juga menjadi salah satu makanan pencegah kanker yang baik. Mengandung vitamin D dan omega-3, pertumbuhan sel-sel kanker di pencernaan akan berkurang. Tak hanya salmon, ikan-ikan lainnya juga baik untuk mencegah kanker, seperti makerel dan tuna. 

Itulah 11 makanan pencegah kanker yang bisa kamu konsumsi sehari-hari. Jangan lupa sebarkan ke orang-orang tersayang ya!




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.