Header Ads


Ini 11 Manfaat Istirahat di Akhir Minggu untuk Tubuhmu!



Majalahqqhoki - Menurutmu berapa banyak orang yang terus kepikiran dengan pekerjaan yang dimilikinya saat di akhir minggu? Banyak. Malahan mereka para pekerja kreatif merupakan salah satu profesi yang paling banyak mengalami masalah ini.

Padahal beristirahat dan libur dari pekerjaan sendiri sangatlah menyehatkan dan memiliki banyak manfaat pada pekerjaannya sendiri. Berikut ini adalah manfaat-manfaat tersebut.


1. Mengurangi stress

Lewat publikasi CDC, National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH) dilaporkan bahwa pengeluaran untuk biaya perawatan kesehatan lebih tinggi 50 persen untuk pekerja yang memiliki tingkat stres tinggi. Itu karena stres memberikan malapetaka kepada kesehatan fisik dan mental, dan itu bisa dikarenakan orang tidak beristirahat.


2. Memberikanmu waktu untuk bergerak

Kamu sudah tahu kan jika terlalu banyak duduk tidak baik untuk kesehatan? Dengan melakukan istirahat di akhir minggu, kamu bisa menggunakan waktu luangmu untuk bergerak. Upayakan untuk tidak menggunakan waktu istirahat tersebut hanya untuk duduk di depan layar televisi dan lebih pilih untuk untuk mengunjungi suatu tempat, atau berjalan bersama teman-teman.


3. Mengurangi resiko peradangan dan penyakit jantung.

Studi menunjukkan bahwa lamanya duduk memiliki pengaruh akan peradangan hingga naikknya kadar gula, obesitas dan resiko penyakit jantung. Padahal pekerjaan di zaman sekarang banyak yang menuntut seseorang menghabiskan waktu berjam-jam duduk dan tidak bergerak. Dikatakan setiap satu jam duduk memiliki kenaikan 18 persen terkena resiko penyakit kardiovaskular.


4. Menaikkan imun tubuh

Stres berlebihan dapat menekan imun tubuh. Tidur dan berolahraga adalah dua dari empat faktor penentu untuk menaikkan imun tubuh. Gunakan waktu panjang di Sabtu dan Minggu untuk melakukan dua hal itu.


5. Kualitas tidur yang lebih baik

Akhir minggu merupakan waktu yang sangat bagus untuk tidur. Dengan menyingkirkan ponselmu yang berisi notifikasi pekerjaan, kamu bisa tidur dengan nyenyak tanpa adanya gangguan.


6. Menambah umurmu

Beberapa hasil riset menunjukkan jika beristirahat penuh dalam satu hari dapat mengurangi resiko kematian. Malahan bukan tidak mungkin umur yang kamu miliki akan bertambah, terlebih untuk mereka para orang dewasa yang tidak aktif.


7. Memulihkan kembali energi mental

Studi menunjukkan mereka yang tidak tahu cara memisahkan dirinya dari pekerjaan memiliki tingkat kelelahan yang lebih tinggi selama satu tahun daripada yang tidak. Selain itu, mereka juga kurang tangguh dalam menangani pekerjaan-pekerjaan yang penuh tekanan.


8. Menjadi lebih kreatif

Kamu tipe pekerja kreatif? Kalau begitu kamu harus benar-benar meluangkan waktu untuk mengosongkan diri dari pekerjaan. Waktu untuk berefleksi sangatlah penting untuk menghasilkan solusi dan menghasilkan sebuah inovasi kreatif.


9. Lebih produktif pula

Negara paling produktif seperti Jerman dan Prancis memiliki mandat kepada para masyarakatnya agar memiliki 30 hari untuk berlibur. Ditambah dengan data dari OECD yang menunjukkan jika menghabiskan banyak waktu untuk bekerja mengurangi produktivitas, seharusnya kamu sudah yakin untuk melepas pekerjaan di akhir minggu.


10. Bisa lebih fokus

Data dari University of Illinois di 2008 menunjukkan jika situasi tanpa bermain dan hanya bekerja secara dramatis dapat mengurangi fokus para pekerja. Sebaliknya, waktu senggang dari pekerjaan malahan meningkatkannya.


11. Meningkatkan kemampuan mengingat

Menurutmu para senior di kantormu yang sering lupa dengan kuncinya adalah tanda dari penuaan? Mungkin saja itu karena mereka tidak pintar mengatur waktu untuk beristirahat dengan baik. Pisahkan dirimu sejenak dari pekerjaan, nikmatilah hidup dan, ka-boom, kamu bisa mengingat segala hal dengan baik.

Dikatakan pula kalau liburan mampu membuatmu mencintai pekerjaanmu lebih baik. Jadi, singkirkan semua pekerjaan di Sabtu dan Minggu. Bersenang-senanglah. Tidak perlu menggubris bos yang marah lantaran kamu tidak mengangkat atau merespons pesannya. Bilang saja, “Waktu libur memang digunakan untuk libur.”




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.