Header Ads


Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Memperlambat Metabolisme Tubuhmu!



Majalahqqhoki - Di tahun 2019 ini pastinya beberapa dari kamu ingin menurunkan berat badan agar lebih menarik dan sehat dari tahun sebelumnya. Walaupun kita sebetulnya sudah mengerti bahwa mengkonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga secara teratur dapt menurunkan berat badan, namun ternyata beberapa kebiasaan buruk yang kita lakukan dapat memperlambat metabolism sehingga membuat tubuh sukar untuk menurunkan berat badan.

Inilah beberapa kebiasaan buruk yang tidak kita sangka dapat memperlambat metabolism.


1. Stres

Setiap kali kita merasa stress secara otomatis tubuh kita akan memproduksi zat kimia bernama kortisol. Kortisol memperlambat penyerapan protein sehingga dalam jangka panjang akan mempengaruhi massa otot pada tubuh. Kadar kortisol yang tinggi juga dapat mendorong tubuh untuk menyimpan lemak di daerah perut.


2. Tidak mengonsumsi cukup air

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Clinical Endocrinology and Metabolism, mengkonsumsi jumlah air yang cukup dapat meningkatkan tingkat metabolism sebanyak 30 persen dan ketika tubuh tidak mendapatkan cukup air dapat memperlambat metabolism sebanyak 3 persen.


3. Tidak mengonsumsi cukup kalori

Walaupun kita diharuskan untuk mengurangi asupan makanan untuk menurunkan berat badan, namun ketika kita tidak mengkonsumsi cukup kalori, tubuh secara otomatis akan menyimpan lemak untuk melindungi tubuh. Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh The Ameican Dietetic Association, jika kita tidak mengkonsumsi kalori yang cukup selama 12 minggu akan memperlambat metabolism sebanyak 24 persen.


4. Kekurangan zat besi

Zat besi merupakan nutrisi penting yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh. Tanpa oksigen yang cukup akan mempersulit tubuhmu untuk bekerja sehingga kamu mudah terasa lelah dan lesu sehingga membuat tubuh untuk menyimpan lemak untuk melindungi tubuh.


5. Tidak membentuk otot tubuh

Olahraga tidak hanya berguna untuk membakar kalori namun juga untuk meningkatkan massa otot pada tubuh. Namun banyak yang terlalu focus pada kardio dan tidak membentuk otot karena takut untuk terlihat besar atau berotot. Namun ternyata penambahan massa otot dapat meningkatkan proses metabolism pada tubuh sehingga mempercepat proses penurunan berat badan




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.