Header Ads


Ini 7 Efek Samping Jika Terlalu Banyak Minum Jus Jeruk



Majalahqqhoki - Jus jeruk terkenal sebagai minuman yang menyegarkan dan menyehatkan. Namun, mengonsumsi terlalu banyak jus jeruk ternyata juga punya efek samping yang buruk buat kesehatanmu, lho. Dilansir dari Live Strong, berikut fakta tentang jus jeruk yang perlu kamu ketahui. Pencinta jus jeruk wajib baca, ya!


1. Jus jeruk memang ampuh untuk mengobati dehidrasi dan tenggorokan kering

Minuman yang terbuat dari jeruk, baik jeruk nipis, jeruk lemon, maupun jeruk yuzu sangat baik untuk melegakan rasa hausmu. Dengan rasa manis dan asamnya, kamu akan merasakan sensasi kesegaran, terutama jika kamu minum di bawah terik sinar matahari.


2. Jus jeruk pun terkenal punya segudang manfaat buat kesehatan

Ada banyak manfaat jus jeruk, seperti mengobati diare, meremajakan kulit, hingga menurunkan berat badan.


3. Namun, minum jus jeruk yang berlebihan bisa menyebabkan asam lambung baik

Jus jeruk, terutama jeruk nipis punya kandungan asam yang tinggi. Jika dikonsumsi berlebihan, bisa menyebabkan asam lambungmu naik.

Kandungan asam dari jeruk nipis sendiri bisa mencapai pH 1,8-2; yang masuk kategori sangat tinggi. Jika dibiarkan, kandungan asam sitrat dan asam askorbatnya bisa membuat refluks asam lambung atau dikenal dengan GERD.


4. Konsumsi jus jeruk yang berlebihan juga bisa merusak gigi

Minum minuman dengan pH di bawah 4 dalam jumlah besar berisiko mengikis enamel gigi. Enamel sendiri adalah lapisan pelindung gigi. Jika terkikis, dentin akan mudah rusak sehingga membuat gigi berlubang dan terasa sakit. 


5. Memicu ulkus lambung atau radang lambung

Konsumsi jus jeruk berlebihan juga memicu luka terbuka di lapisan lambung. Cairan yang terlalu asam akan menggerogoti jaringan perut, sehingga menimbulkan luka dan rasa perih.


6. Kenali batasan minum jus jeruk

Buat kamu pencinta jus jeruk, kenali batas kemampuanmu dalam mengonsumsinya. Jika gigi atau lambung terasa perih, segera hentikan, ya. Berikan waktu untuk tubuhmu pulih kembali.


7. Jika sakit berlanjut, hubungi dokter

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, apabila kamu merasakan sakit yang tak berkesudahan. Berkonsultasilah pada dokter atau ahli gizi agar kamu tahu berapa banyak jus yang bisa kamu konsumsi.

Itu tadi fakta tentang efek samping terlalu banyak minum jus jeruk. Sesuatu yang berlebihan memang sering kali berujung gak baik. Untuk itu, bijak-bijaklah saat minum jus jeruk, sekali pun itu minuman favoritmu, ya.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.