Header Ads


Ini 8 Kebiasaan di Akhir Minggu yang Menyebabkan Kamu Capek di Hari Kerja!



Majalahqqhoki - Hayo, siapa yang Senin ini mengantuk berat di sekolah atau di kantor? Itu pasti karena kegiatanmu di akhir minggu kemarin. Layaknya efek domino, apa pun yang kamu lakukan pada Sabtu dan Minggu kemarin pasti sedikit banyak berimbas kepada aktivitas di Senin ini.

Bukan tidak mungkin kamu mengulangi kembali hal tersebut minggu depannya. Berikut ini adalah kebiasaan yang kamu lakukan di akhir minggu dan pada akhirnya mengganggu hari-hari kerjamu.


1. Kamu telat tidur dan terlelap keesokan harinya

Saat kamu tidur telat, secara tidak langsung membuat efek yang sama dengan berganti zona waktu dan merasakan jet lag. Hal ini dinamakan tidur permen. Konsepnya seperti memberikan permen kepada anak-anak yang akan makan malam, menyebabkan mereka tidak berselera untuk makan lagi.


2. Kamu tidak berolahraga pada akhir minggu

Jika kamu tidak bangun dan melakukan aktivitas di pagi hari, khususnya di akhir minggu, itu dapat mengubah siklus tidurmu. Studi dari Appalachian State University menunjukkan jika berolahraga di pagi hari sangatlah ideal untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik di tiap malam. Cobalah paling tidak melakukan 10 menit aktivitas mengeluarkan keringat tersebut setiap hari.


3. Terlalu banyak minum alkohol

Ada keuntungan dari minum alkohol secukupnya, tetapi berhenti sejenak setelah beberapa jam dapat mengganggu tidurmu. Jika kamu pernah terbangun karena mabuk dan tiba-tiba merasa grogi, serta merasa bingung, itu bukti tidurmu terganggu. Saran dari para dokter adalah biarkan tubuhmu memproses alkohol itu selama beberapa jam sebelum tidur.


4. Makan besar sebelum tidur

Makan terlalu banyak saat mendekati tidur dapat menyebabkan gejala GERD (gastroesophageal reflux disease) yang mampu mengganggu tidurmu. Memang karbohidrat dapat membuatmu mengantuk dengan cepat, akan tetapi tubuhmu juga dapat mengalami peningkatan insulin yang dapat membangunkanmu.


5. Kamu minum kopi terlalu telat

Jika tidurmu tiba-tiba saja mundur beberapa jam, itu adalah efek dari kafein yang kamu konsumsi. Kafein memproduksi adrenalin yang mana berlawanan dengan adenosin, hormon yang membuat kamu tidur. Saat kamu minum kopi terlambat, proses mencernanya pun ikut terlambat hingga menyebabkanmu tidak merasa mengantuk, bahkan beberapa jam setelah itu.


6. Kamu melakukan maraton menonton

Baiklah kalau tubuhmu tidak bergerak sama sekali, namun itu tidak menandakan otakmu juga ikut tidak bergerak. Dengan menonton, otakmu aktif sepanjang hari, bahkan dapat berlanjut hingga ke waktu tidurmu. Faktanya, di sebuah universitas yang memberikan pembatasan waktu menonton televisi, para mahasiswa asramanya dapat tidur lebih cepat dan lebih lama.


7. Kamu menggunakan laptop, tablet, atau smartphone tepat sebelum tidur

Sepanjang hari, cahaya matahari masuk ke matamu dan menekan melatonin yang membuat tubuhmu siap untuk tidur. Saat menggelap, perlahan tubuhmu memproduksi melatonin berlebih. Itu adalah proses alami dari tubuhmu untuk bersiap-siap tidur. Namun, karena menggunakan gadget-gadget tersebut yang mengeluarkan cahaya, kembali melatonin tertekan dan membuatmu tidak bisa tidur.


8. Kamu melakukan semua ini dan tidak bisa tidur di Senin malam

Semua yang kamu lakukan ini pada akhirnya akan mempengaruhi waktu tidurmu pada Senin malamnya. Lalu apa yang bisa kamu lakukan?  Berikan sesuatu untuk menenangkan tubuhmu. Sebagai contoh mandi. Mandi dengan air hangat dapat menaikkan temperatur tubuhmu dan mempromosikan tidurmu.

Walaupun Sabtu dan Minggu adalah waktu istirahat yang cukup panjang, kamu perlu memperhatikan aktivitasmu. Itu karena kegiatan yang kamu lakukan di akhir minggu tersebut pasti berpengaruh ke hari-hari selanjutnya. Yuk, kita ubah bersama dan jadi lebih baik.





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.