Header Ads


Inilah 7 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan



Majalahqqhoki - Memiliki nama ilmiah Manilkara zapota, buah sawo yang sering kamu lihat di pasar atau penjual buah pinggir jalan ternyata bukan berasal dari Indonesia. Tumbuhan tropis ini mulanya berasal dari Amerika Tengah, Meksiko, dan Karibia. Namun sekarang sudah banyak dibudidayakan di banyak negara seperti Thailand, India, Kamboja, dan juga Indonesia.

Nah, meski gak sepopuler buah durian atau anggur, buah yang juga familier dengan nama sapodilla atau sapoto ini rupanya menyimpan banyak khasiat bagi kesehatan tubuhmu, lho. Dilansir dari laman Healthy Focus, berikut 7 manfaat buah sawo yang sering orang abaikan.


1. Menjaga kesehatan mata

Dengan kandungan vitamin A yang tinggi, sawo bisa menjaga fungsi penglihatanmu agar tetap tajam dan jernih. Memakan buah sawo juga sekaligus dapat membantu mata kamu terbebas dari penurunan penglihatan seiring bertambahnya usia.


2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu

Selain vitamin A, buah sawo juga kaya dengan vitamin C yang berkhasiat meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu dari serangan berbagai virus, seperti virus pilek dan influenza. Gak cuma itu, vitamin C pada sawo juga bisa mengatasi radang mulut dan sariawan. Beberapa penelitian menyatakan bahwa vitamin C ini bisa mengurangi risiko terkena infeksi virus pneumonia.


3. Sawo sangat baik untuk pencernaanmu

Buat kamu yang sering mengalami masalah pada pencernaan, banyak-banyaklah mengkonsumsi buah sawo. Pasalnya, sawo mengandung banyak serat yang sangat baik untuk sistem pencernaanmu.

Sawo sudah banyak dipercaya bisa meringankan dan mencegah gejala pencernaan seperti sembelit, diare, dan wasir. Gak hanya itu, konsumsi buah sawo juga dapat mengurangi risiko gangguan radang usus, penyakit jantung, dan bahkan kanker usus besar.


4. Mencegah tubuhmu dari beragam penyakit yang disebabkan radikal bebas

Gak cuma kaya vitamin A dan C, buah sawo juga sarat antioksidan. Antioksidan inilah yang akan melindungi tubuhmu dari beragam penyakit yang muncul akibat radikal bebas, seperti tekanan darah tinggi, preeklampsia, kanker, ateroskleroris atau penyempitan pembuluh darah, dan berbagai penyakit lain.

Antioksidan juga memberi efek perlindungan yang baik bagi otak, sekaligus mengurangi risiko terkena degeneratif saraf seperti Alzheimer.


5. Bagus untuk kesehatan otot, tulang, dan gigi

Kandungan lain yang dimiliki oleh buah bercita rasa manis legit ini adalah kalsium, zat besi, dan fosfor. Ketiganya merupakan zat-zat yang sangat bermanfaat untuk menjaga otot, tulang, dan gigimu tetap sehat dan kuat.


6. Menjaga kesehatan kulit

Masih ada lagi nih zat yang terkandung di dalam buah sawo, yaitu vitamin E. Nah, dengan adanya vitamin E ini, sawo tentu sangat baik untuk menjaga kelembaban kulitmu dan mencegahnya dari tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput, kulit kering, kusam, dan muncul bintik-bintik cokelat pada wajah.


7. Bagus juga untuk kesehatan rambut kamu

Dengan berbagai kandungan nutrisi di atas, buah sawo sekaligus bisa mengatasi kerusakan pada rambutmu, lho. Nutrisi tersebut bisa menjaga rambutmu tetap sehat dan berkilau.

Wah, sebanyak itu rupanya khasiat yang tersimpan dalam buah sawo. Mulai sekarang kamu sudah gak bisa lagi memandang sebelah mata buah berwarna cokelat gelap ini. Dengan harga yang cukup terjangkau, tubuhmu bisa mendapat manfaat yang begitu besar dari sawo. Yuk, konsumsi!





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.