Header Ads


Lawan Gejala Anemia Dengan 12 Makanan Penambah Darah Ini



PastiSatu.com - Jakarta, Anemia merupakan kondisi di mana seseorang memiliki jumlah sel darah merah atau hemoglobin di bawah normal. Selain itu, kekurangan darah dapat menghambat proses sirkulasi oksigen yang terjadi di seluruh bagian tubuh. Akibatnya, tubuh akan mengalami kelelahan serta pusing di bagian kepala.

Namun jangan khawatir, dengan mengonsumsi makanan tertentu ternyata dapat membantu untuk meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Apa saja makanan penambah darah untuk melawan penyakit anemia yang dimaksud? Simak info berikut ini!


1. Jambu Biji

Makanan yang satu ini sudah terbukti memiliki kandungan yang dapat menambah darah. Kandungan zat besi di dalamnya yang melimpah menjadikan jambu biji sebagai obat yang wajib dikonsumsi bagi penderita penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Meski begitu, sebaiknya konsumsi buah jambu biji yang berwarna merah, karena lebih banyak mengandung vitamin C.


2. Pisang

Pisang juga merupakan buah yang kaya zat besi sekaligus mengandung kalium, vitamin, dan mineral penting bagi tubuh, untuk membantu mengoptimalkan produksi hemoglobin.

Dengan mengonsumsi satu buah pisang secara rutin, mengatasi dan mencegah anemia bukan lagi hal yang tidak mungkin.


3. Daging

Selain buah-buahan dan sayur-sayuran, daging ternyata juga ampuh untuk menambah darah. Makanan yang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia ini mengandung zat besi dan protein yang tinggi. Sehingga, sangat cocok bagi penderita anemia untuk mengonsumsi makanan enak yang satu ini.


4. Kismis

Buah kering yang satu ini ternyata juga kaya akan zat besi. Dalam 2/3 gelas kismis mengandung zat besi sekitar 2 gram. Kismis dapat ditambahkan dalam kue, sereal, oatmeal, atau dikonsumsi langsung.


5. Bayam

Makanan yang satu ini sangat identik dengan sebutan sayur bening. Meski begitu, kandungan gizi di dalamnya cukup lengkap untuk menunjang kesehatan tubuh.

Mulai dari serat, protein nabati, kalsium, hingga vitamin A dan E. Semua kandungan tersebut dapat membantu proses kerja pembentukan hemoglobin.


6. Buah Naga Merah

Dari warnanya saja sudah terlihat bahwa buah naga merah merupakan makanan untuk penambah darah yang memiliki zat pembentuk sel darah merah.

Hal ini dibuktikan dengan kandungan zat besi, fosfor, kalium, dan berbagai vitamin yang terdapat dalam buah dengan warna merah tersebut.


7. Daun Singkong

Bagi orang Indonesia, jenis sayur yang satu ini pasti sudah sangat akrab ditemui. Sayur yang populer dikonsumsi karena harganya yang cukup terjangkau ini ternyata memiliki manfaat untuk mengatasi kondisi kekurangan darah.

Beberapa kandungan dalam daun singkong, yakni: vitamin B1, vitamin C, fosfor, zat besi, karbohidrat, lemak, dan protein.


8. Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan makanan yang dikenal sebagai sumber antioksidan, yang dapat mencegah radikal bebas dan membantu pembentukan sel.

Selain itu, berkat kandungan zat besi yang terdapat di dalamnya, kacang hijau juga dapat meningkatkan jumlah hemoglobin dalam darah.


9. Semangka

Satu buah potong semangka ternyata mengandung zat besi yang berguna untuk menambah darah, serta vitamin C yang merupakan nutrisi penting untuk memudahkan tubuh dalam menyerap zat besi.

Dengan begitu, saat mengonsumsi semangka kamu akan mendapat dua manfaat sekaligus yang baik bagi tubuh.


10. Jeruk

Tidak hanya terkenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C, nyatanya jeruk juga kaya akan asam folat. Kandungan zat tersebut berguna untuk membantu pengikatan oksigen, sehingga mempercepat pembentukan sel darah merah dalam tubuh.


11. Cokelat

Siapa yang menyangka, makanan yang identik dengan hari kasih sayang ini dapat bermanfaat untuk mengatasi kekurangan darah. Nyatanya, dalam setiap 100 gram cokelat terkandung 17mg zat besi, yang berfungsi sebagai penambah sel darah merah.


12. Anggur

Sama seperti jeruk, anggur juga salah satu buah yang kaya asam folat. Meski bentuknya kecil, satu gelas anggur dapat mengandung 21 mcg asam folat, serta vitamin A yang berguna untuk membantu pembentukan sel darah merah.

Selain enak, makanan-makanan tersebut nyatanya sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya dapat mengatasi anemia saja, beberapa makanan penambah darah yang ada di daftar itu, jika dikonsumsi secara rutin, juga dapat menimbulkan manfaat bagi kesehatan yang lain. Oleh karena itu, perbanyak konsumsi makanan sehat dan kurangi makan makanan junk food.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.