Header Ads


Merasa Waktu Saat Liburan Berlangsung Cepat? Ini 7 Penyebab Ilmiahnya!



Majalahqqhoki - Setelah bekerja sepanjang waktu, liburan merupakan salah satu hal yang dinantikan oleh semua orang. Tapi terkadang, liburan terasa begitu cepat berakhir daripada apa yang kita bayangkan. Jika sudah begitu, mungkin hal-hal berikut dapat menjadi penyebabnya.


1. Persepsi manusia terhadap waktu dan memori

Ketika kamu melakukan suatu hal yang baru dan sudah diharap-harapkan, wajar saja jika waktu akan terasa lebih cepat. Persepsi manusia akan terpengaruh akibat kesenangan yang muncul, sehingga otak akan merekam segala aktivitas yang dilakukan. Dengan begitu, ketika selesai berlibur kamu pasti akan mengingat semua yang terjadi saat liburan berlangsung.


2. Menikmati rutinitas liburan

Saat seseorang tidak menikmati kegiatan yang dilakukannya, maka ia akan merasa jika hidup terasa lambat. Nyatanya, hal tersebut dipengaruhi oleh tekanan stres yang meningkat. Namun berbeda dengan saat berlibur. Menikmati liburan yang begitu menyenangkan justru akan mengurangi tekanan stress dan membuat waktu terasa berjalan begitu cepat.


3. Melakukan aktivitas yang sudah ditunggu

Setelah menahan penat selama bekerja, siapa sih yang dapat menolak kesempatan untuk berlibur. Tidak heran, saat melakukan aktivitas yang sudah ditunggu-tunggu maka satu hari bisa saja terasa seperti enam jam. Sebab, menikmati momen yang menyenangkan tidak membuatmu memperhatikan waktu.


4. Tidak merasa bosan

Situasi yang membosankan kerap membuat seseorang menjadi sering melihat waktu. Hal ini lah yang menyebabkan waktu terasa lebih lama daripada biasanya. Melakukan aktivitas yang menyenangkan dapat mengurangi rasa bosan dan tentunya membuat kamu merasakan waktu berjalan lebih cepat.


5. Menikmati kesendirian

Adanya hal-hal yang tidak kita sukai bisa saja menyebabkan waktu terasa berjalan sangat lama. Sedangkan, saat menikmati kesendirian justru waktu akan berjalan lebih cepat. Itulah mengapa kadang lebih baik menikmati waktu sendirian saat berlibur. Hal ini juga dapat membantumu mengurangi tekanan stres selama lelah bekerja.


6. Terkena holiday paradox

Pada dasarnya holiday paradox adalah kondisi di mana tubuh akan merasa waktu liburan berjalan sangat cepat. Hal ini biasanya disebabkan oleh dua hal, yaitu sebuah kejadian yang dipengaruhi oleh perasaan dan terulangnya memori akibat kita sudah mengalami kejadian tersebut.


7. Merasa cemas terhadap suatu hal

Salah satu alasan mengapa liburan terasa cepat mungkin karena kamu menikmatinya dengan perasaan cemas. Sayangnya, hal ini justru akan meningkatkan tekanan stres pada tubuh, akibat hanya terlalu memikirkan apa yang akan terjadi pada hari di mana kecemasan tersebut bersumber.

Berlibur memang sangat penting dilakukan agar tubuh dan pikiran kembali rileks setelah menjalani berbagai aktivitas yang padat. Oleh karena itu, tidak usah khawatir mengenai waktu berlibur yang terasa sangat cepat berlalu. Sebab, waktu yang berjalan lebih cepat dari biasanya bisa saja menandakan bahwa kamu terlalu menikmati masa liburanmu.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.