Header Ads


Sering Lapar Saat Malam Hari? Mungkin Ini 5 Penyebabnya!



Majalahqqhoki - Apakah kamu termasuk orang terbiasa lapar di malam hari? Ya, kebiasaan tersebut tentu tidaklah baik dan sehat bagi tubuh. Selain bisa menganggu waktu istirahat, tentunya hal ini bisa membuat tubuh menjadi rentan mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan. 

Nah ternyata ada beberapa sebab yang sering membuat kamu dilanda lapar pada malam hari lho, apa saja? Berikut, inilah beberapa penyebabnya.


1. Stres

Ketika kamu sedang stres, secara otomatis produksi hormon kortisol dalam tubuh akan meningkat. Hormon kortisol sendiri adalah jenis hormon steroid yang memengaruhi bagaimana tubuh merespon stres. Maka dari itu dengan terjadinya peningkatan gula darah dan insulin, akan membuat kamu merasa lapar di malam hari.


2. Begadang

Saat kamu begadang di malam hari karena urusan pekerjaan atau aktivitas lainnya yang menguras otak dan tenaga, tentu akan membuat kebutuhan energi semakin meningkat. Sehingga menyebabkan perut sering terasa lapar pada malam hari.


3. Mengonsumsi karbohidrat terlalu banyak saat makan malam

Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat dapat memengaruhi kadar gula darah dengan cepat. Memang mengonsumsi karbohidrat terlalu banyak pada malam hari itu bisa membuat tubuh terasa kenyang, tetapi juga bisa cepat membuat perut terasa lapar lagi.


4. Kurang nutrisi

Jika kamu sering mengonsumsi makanan yang tidak mengandung gizi yang cukup dan seimbang akan membuat tubuh kekurangan nutrisi. Hal tersebut tentunya bisa membuat tubuh membutuhkan makanan lebih saat malam hari.


5. Diet yang tidak sehat

Saat melakukan diet ketat di siang hari, biasanya tubuh tidak akan mendapatkan energi yang cukup. Sehingga memicu tubuh untuk mencari makanan sebagai energi di malam hari. Oleh karena itu, jika ingin menerapkan diet, kamu harus selalu menjaga pola makan yang sehat dengan kadar gizi seimbang.

Nah itulah beberapa hal yang menyebabkan perut sering dilanda lapar saat malam hari. Semoga kamu bisa mencoba mengindari makan saat tengah malam ya dan jangan lupa selalu dikontrol makannya guys.





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.