Header Ads


Ternyata 10 Hal Ini yang Menyebabkan Kita Sering Sariawan!



Seriawan merupakan salah satu jenis penyakit yang umum diderita oleh banyak orang, dari mulai bayi hingga orang dewasa. Penyakit yang timbul akibat luka kecil dan dangkal di sekitar mulut, gusi ataupun dinding mulut ini berwujud putih, bulat dan kecil.

Jika sudah terjangkit penyakit ini, kita akan merasakan sakit yang luar biasa saat makan dan berbicara. Ternyata, penyebab penyakit ini gak cuma medis lho! Beberapa hal berikut akan memberi tahu kalian penyebab non-medis megapa kita bisa terkena seriawan. Cekidot!


1. Makan makanan pedas

Jika kalian penyuka pedas, wajib hati-hati bila terlalu sering makan makanan pedas. Ternyata, pedas bisa membuat kamu seriawan loh. Kok bisa? Iya, bisa karena makanan pedas akan mengeluarkan efek panas yang membuat iritasi pada rongga mulut.


2. Puasa

Aktivitas ini bisa menyebabkan asam lambung naik dan terbawa ke rongga mulut. Kemudian, bakteri di mulut berkembang lebih cepat dan meradang. Puasa juga menyebabkan asupan nutrisi berkurang yang bisa menyebabkan seriawan. Maka dari itu, saat berbuka, makanlah makan yang dapat memenuhi nutrisi.


3. Stres

Tekanan dari tugas di kantor sering kali menyebabkan stres. Jika stres, asam lambung akan naik dan merusak mukosa yang ada di mulut.


4. Makan nanas

Nanas yang memiliki kandungan enzim bromelain nyatanya dapat menyebabkan sariwan nih. Enzim ini memiliki kemampuan untuk mengoksidasi protein yang ada di bibir dan lidah. Jika teroksidasi maka akan timbul rasa perih dan timbul seriawan.


5. Berbicara saat makan

Emang asyik banget sih makan sambil ngobrol tuh. Tapi nih, dengan melakukan kedua hal tersebut secara berbarengan dapat menyebabkan iritasi, karena lidah atau bibir tergigit  dengan keras oleh gigi sendiri.


6. Menggunakan behel

Jika kamu adalah pengguna behel, munculnya seriawan di bagian mulut adalah sesuatu hal yang wajar. Sebab, pemasangan kawat gigi dapat membuat luka di bagian gusi dan rongga mulut.


7. Kurang minum air putih

Malas meminum air putih gak cuman bisabuat kamu dehidrasi. Kurangnya jumlah air yang masuk ke dalam tubuh akan membuat mulutmu kering. Selanjutnya, jika ini dibiarkan, maka akan menyebabkan mulut mudah mengalami iritasi dan infeksi yang disebabkan oleh tumbuhnya bakteri.


8 Jarang sikat gigi

Kondisi mulut yang kotor bisa membuat seriawan dengan mudahnya muncul. Kuman, bakteri dan plak akan akan tumbuh subur dan menyebabkan infeksi pada rongga mulut.


9. Pemasangan gigi palsu yang kurang pas

Pastikan pemasangan gigi palsu kalian pas. Jika tidak demikian, maka akan menyebabkan iritasi dan juga luka pada bagian gusi. Kondisi seperti ini akan menyebabkan infeksi bakteri penyebab seriawan.


10. Menurunnya imunitas tubuh

Melemahnya daya tahan tubuh bisa membuat bakteri penyebab seriawan tumbuh dengan cepat. Melemahnya kekebalan tubuh bisa disebaban oleh beberapa faktor, seperti: pilek atau flu, perubahan hormonal, kekurangan B12 atau asam folat.

Itulah tadi beberapa faktor yang paling sering menyebabkan kita seriawan, tapi jarang kita sadari. Mana yang paling sering kamu lakukan? Kontrol dirimu demi kesehatanmu sendiri ya!




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.