Header Ads


Ternyata Menonton Film Horor Mempunyai Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh lho!



Majalahqqhoki - Untuk kamu yang ketagihan menonton film-film horor, pasti pernah merasakan sensasi yang tidak biasa saat adegan-adegan tertentu. Jangan salah, ternyata dengan menonton film-film horor mampu memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh lho. Kamu sudah tahu belum?

Kabar baiknya, menonton film-film horor tidak hanya merangsang otak saja. Semakin banyak kamu berteriak atau memekik karena rasa takut, maka semakin banyak asupan oksigen yang masuk dan karbon dioksida yang dilepaskan.

Masih ragu? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!


1. Membakar banyak kalori

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2012 oleh University of Westminster di Inggris meminta 10 orang untuk menonton beberapa film horor yang berbeda. Denyut jantung, pelepasan karbondioksida, dan asupan oksigen dari orang-orang tersebut dipantau saat mereka menonton film.

Orang-orang yang menonton film horor akan panik dan melompat beberapa kali yang menyebabkan terjadinya pembakaran kalori sebanyak 113 kalori.

Masih takut untuk menonton film horor?


2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Studi lain yang diterbitkan dalam Journal Stress menjelaskan bahwa menonton film yang menakutkan atau horor juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk jangka pendek dengan memperlancar sirkulasi darah dan sel darah putih (melawan infeksi) dengan respons tubuh yang meningkat.


3. Baik untuk kesehatan otak

Aliran emosi yang tidak stabil saat menonton film horor melepaskan sekelompok hormon bahagia di otak kita, termasuk sejenis dopamin, serotonin, dan glutamat. Zat kimia tersebut tidak hanya meningkatkan suasana hati, tetapi juga bertindak sebagai adrenalin di dalam tubuh kita.


4. Mengurangi rasa stres

Meskipun poin ini mungkin tidak sesuai dengan fakta bahwa film horor dapat menyebabkan stres pada tubuh kita, tetapi pada akhirnya dengan menonton film yang menakutkan dapat membantu kita mengurangi dan mengelola stres dengan lebih baik.

Memompa adrenalin dengan menonton film horor merupakan alternatif yang baik untuk memerangi kecemasan dan depresi.


5. Membantu menghadapi ketakutan

Alur cerita dalam film-film horor seringkali didasarkan pada pemikiran dan hal-hal realistis yang membuat kita takut pada kenyataan di sekitar kita. Subjek dan adegan dibuat dari skenario yang sesuai dengan kenyataan yang dapat membuat kita takut.

Karena subjek, situasi, dan skenario sangat dekat dengan ketakutan dalam hidup kita, maka hal ini dapat membantu kita mengembangkan diri untuk lebih kebal menghadapi rasa takut.


6. Mengatasi fobia tertentu

Kamu takut dengan beberapa binatang? Atau ingin menyingkirkan ketakutan akan ketinggian? Dengan menonton film horor akan membantu kamu menghadapi dan mengatasi ketakutan atau fobia karena kamu seolah-olah akan terbiasa atau terlatih dengan berbagai macam tantangan di film horor tersebut.

Nah, itulah beberapa manfaat yang didapatkan dari menonton film-film horor untuk kesehatan tubuh. Jadi, masih takut menonton film horor nih?





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.