Header Ads


Ini dia 7 Penyebab Rambut Berketombe yang Umum Terjadi!



PastiSatu.com - Ketombe merupakan kondisi kulit kepala kronis yang cukup umum terjadi terutama di masyarakat daerah iklim tropis. Ketombe ditandai dengan pengelupasan kulit kepala.

Gejala paling umum seseorang mengalami ketombe ialah terdapat serpihan kulit mati berminyak yang berwarna putih bertebaran di rambut atau jatuh di bahu. Kondisi ini lantas akan langsung merusak penampilan dan membuat rasa percaya diri menurun.

Oleh karena itu, ketahui penyebab munculnya ketombe agar kamu dapat mengantisipasi kehadirannya. Berikut informasi selengkapnya mengenai penyebab ketombe!


1. Alergi

Tidak semua orang aman menggunakan produk-produk yang ada di pasaran. Sebab, orang yang memiliki sensitivitas tinggi terhadap bahan tertentu dalam produk perawatan rambut dapat memicu alergi yang mengakibatkan kepala gatal dan akhirnya muncul ketombe. Oleh karena itu, perhatikan bahan-bahan yang cocok dan tidak bagi diri kamu sendiri.


2. Kulit kepala berminyak

Kulit kepala berminyak merupakan salah satu kondisi paling umum yang dapat menyebabkan munculnya ketombe. Umumnya, kondisi ini ditandai dengan kulit kepala yang berubah kemerahan dan munculnya sisik putih atau kuning yang berminyak.


3. Bakteri atau jamur

Malassezia merupakan bakteri atau jamur yang biasa tumbuh pada kulit kepala dan menyebabkan folikel rambut memproduksi minyak berlebih. Akibatnya, kulit kepala akan mengalami iritasi dan memicu tumbuhnya sel kulit mati yang kemudian menjadi ketombe.


4. Malas mencuci rambut

Kebiasaan buruk yang satu ini dapat menyebabkan munculnya ketombe pada rambut. Hal ini karena adanya penumpukan minyak yang disebabkan oleh rutinitas harian yang padat sehingga menyebabkan sel kulit kepala mati. Jika terlalu lama tidak mencuci rambut, gangguan ketombe bisa menjadi lebih buruk.


5. Kulit kering

Salah satu ciri-ciri rambut berketombe adalah kurangnya kelembapan pada kulit kepala. Sehingga, kondisi tersebut memicu munculnya serpihan putih ketombe yang kering tanpa minyak.


6. Jarang menyisir rambut

Meski terdengar sepele, ternyata menyisir rambut secara berkala dapat mengatasi masalah rambut berketombe. Hal ini karena gerakan menyisir yang menstimulasi produksi minyak alami. Sehingga, kelembapan kulit kepala akan stabil dan terjaga.


7. Diet

Saat ini berbagai bentuk diet umum dilakukan oleh setiap orang untuk membuat tubuh menjadi ideal dan menjaga kestabilan berat badan. Akan tetapi, diet yang berlebihan dapat menyebabkan tubuh kekurangan asupan nutrisi. Akibatnya, tubuh akan mengalami gangguan kesehatan, salah satunya adalah rambut ketombe.

Mengatasi ketombe secara ampuh baru bisa dilakukan jika sudah mengetahui penyebabnya. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mencari tahu beberapa penyebab ketombe.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.