Header Ads


Semua Orang Berpotensi Usus Buntu lho! Ini 7 Penyebab Usus Buntu yang Perlu Diketahui!



PastiSatu.com - Jakarta, Usus buntu atau apendisitis adalah kondisi dimana usus mengalami peradangan dan membutuhkan langkah operasi sebagai salah satu cara menyembuhkannya. Jika operasi tidak segera dilakukan, usus buntu yang meradang akan pecah dan meracuni organ-organ pencernaan lainnya.

Untuk itu, kenali penyebab terjadinya usus buntu sehingga kamu bisa berupaya untuk menghindarinya. Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan usus buntu.


1. Infeksi saluran pencernaan

Infeksi saluran pencernaan yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan masalah serius. Penyakit yang biasanya disebabkan oleh virus, bakteri, dan jamur ini bisa saja mengakibatkan komplikasi penyakit lain akibat infeksi yang sudah menyebar hingga apendiks. Salah satu penyakit tersebut adalah usus buntu.


2. Adanya penyumbatan

Salah satu penyebab umum yang mengakibatkan usus buntu adalah terjadinya penyumbatan di usus buntu. Penyumbatan ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti: feses, benda asing, potongan makanan, bahkan sel kanker.


3. Makanan rendah serat

Makanan cepat saji nyatanya mengandung karbohidrat yang sangat tinggi. Sayangnya, kandungan tersebut justru meningkatkan risiko terkenanya usus buntu. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi makanan sehat yang memiliki gizi seimbang.


4. Infeksi virus

Sebuah studi yang terbit di Archives of Surgery pada Januari tahun 2010 menyatakan jika radang usus buntu mungkin saja disebabkan oleh infeksi virus penyebab atau infeksi yang belum ditentukan. Meski begitu, para peneliti juga menemukan peningkatan kasus usus buntu selama musim panas. Di mana dalam kondisi tersebut jumlah virus akan meningkat.


5. Faktor genetik

Risiko usus buntu pada anak yang memiliki ikatan darah dengan anggota keluarga, yang memiliki riwayat usus buntu, ternyata meningkatkan risiko terkena usus buntu. Penyebab ini biasanya terkait dengan sistem HLA (Antigen Leukosit Manusia) dan golongan darah.


6. Makanan pedas

Biji cabai yang sulit hancur dalam sistem pencernaan dapat menyumbat usus dalam jangka waktu panjang dan akhirnya mengakibatkan radang usus buntu. Selain itu, memakan makanan pedas juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan.


7. Akumulasi feses

Seperti halnya yang terjadi pada infeksi saluran pencernaan, apendiks yang terobstruksi dapat mengakibatkan akumulasi feses dan menyebabkan munculnya usus buntu. Oleh karena itu, jika mengalami sakit perut yang tidak tertahankan sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Nah, itu dia beberapa penyebab terjadinya usus buntu yang harus kamu ketahui. Dengan ini, jika kamu tidak ingin mengalami operasi sebaiknya lakukan pencegahan dengan cara menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan usus buntu terjadi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.