Header Ads


Sering Diremehkan, 8 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bisa Membuat Mandul



PastiSatu - Kemandulan pada pria maupun wanita bisa terjadi akibat beragam faktor. Meski demikian, ternyata masalah penyebab kemandulan sendiri bisa terjadi sejak remaja akibat melakukan kebiasaan sepele yang berdampak buruk bagi kesehatan secara terus menerus. Apa saja kebiasaan tersebut? Simak info lengkapnya berikut ini!


1. Kecanduan kafein

Kafein yang dikonsumsi dalam jumlah seimbang dan tidak berlebihan memang memiliki dampak yang baik bagi kesehatan. Akan tetapi, jika kafein dikonsumsi secara berlebihan justru dapat merusak kesuburan. Parahnya, hal ini tidak terjadi pada wanita saja, tapi juga pada pria.


2. Rutin konsumsi makanan cepat saji

Memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji sudah terbukti dapat membuat pria dan wanita sulit mendapatkan keturunan. Hal ini terjadi karena kondisi tubuh yang dipenuhi dengan lemak jenuh, sehingga menyebabkan masalah berat bedan dan memicu munculnya diabetes.


3. Merokok

Rokok mengandung nikotin dan zat berbahaya lain yang bisa tersimpan dalam darah serta organ tubuh lain termasuk paru-paru dan jantung. Selain itu, rokok juga sudah terbukti bisa menyebabkan kondisi tubuh menjadi tidak sehat dan kemandulan. Bagi ibu hamil yang tetap melakukan kebiasaan ini dapat mengakibatkan keguguran dan melahirkan secara prematur.


4. Rutin begadang

Sebuah penelitian menyatakan bahwa kurang tidur dapat merusak sel sperma dan sel telur, sehingga menghambat kesehatan reproduksi bagi pria dan wanita sehingga sulit mendapatkan keturunan. Selain itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan gangguan hormon dan tidak teraturnya haid bagi wanita.


5. Memakai celana dalam yang salah

Sebuah penelitian dari National Institute of CHild Health and Human Development menyatakan bahwa pilihan pakaian dalam akan memengaruhi tingkat kualitas sperma. Celana dalam yang sempit akan membuat skrotum tertekan dan mengurangi sirkulasi udara. Akibatnya, suhu testis akan meningkat di atas suhu normal sehingga menyebabkan penurunan jumlah sperma.


6. Kelebihan berolahraga

Olahraga memang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Akan tetapi, ternyata olahraga yang berlebihan bagi perempuan seperti olahraga berat kardio dan angkat beban justru dapat menjadi penyebab kemandulan. Hal ini terjadi akibat masalah hormon akibat sistem reproduksi tidak bekerja secara normal, sehingga akan sulit mendapatkan tanda-tanda ovulasi pada rahim.


7. Menyimpan gadget di kantong celana

Sebuah riset yang dilakukan di Inggris menyimpulkan bahwa radiasi smartphone dapat memengaruhi perkembangan dan fungsi sperma. Oleh karena itu, sebaiknya hindari menyimpan smartphone pada kantong celana, untuk mengurangi paparan sinar radiasi pada area intim.


8. Terlalu lama menonton TV

Sebuah riset yang dilakukan di Denmark menunjukkan bahwa menonton televisi terlalu lama dapat meningkatkan risiko kemandulan. Hal ini akibat tubuh menjadi tidak aktif bergerak selama menonton tv, sehingga menyebabkan kekurangan enzim antioksidan dan peningkatan suhu skrotum akibat telalu lama duduk menonton tv.

Beberapa hal di atas merupakan kebiasaan yang biasanya kita anggap remeh. Padahal, nyatanya kebiasaan-kebiasaan tersebut justru dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh salah satunya kemandulan. Kalau sudah demikian, sebaiknya hindari kebiasaan-kebiasaan tersebut ya!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.