Header Ads


5 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Membuatmu Terkena Osteoporosis



PastiSatu - Osteoporosis merupakan suatu kondisi dimana kepadatan tulang menjadi menurun dan kehilangan kekuatannya, sehingga tulang menjadi lebih mudah patah. Meski osteoporosis dapat diderita oleh pria dan wanita, namun penyakit pengeroposan tulang ini sebagian besar diderita oleh kaum wanita berusia diatas 50 tahun yang sudah mengalami menopause.

Osteoporosis dapat terjadi karena beberapa faktor lho, yang terdiri dari faktor genetik, jenis kelamin, riwayat mengonsumsi obat tertentu, menopause, dan gaya hidup yang buruk. Agar dapat terhindar dari osteoporosis, sebaiknya terapkan gaya hidup yang sehat.

Dengan menerapkan gaya hidup yang sehat, maka dapat membantu menurunkan resiko osteoporosis. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan osteoporosis, seperti 5 kebiasaan buruk yang ada dibawah ini.


1. Malas berolahraga

Nah, ini dia salah satu kebiasaan buruk yang menjadi penyebab utama osteoporosis, yaitu malas berolahraga. Padahal, rajin berolahraga memiliki banyak manfaatnya lho untuk kesehatan, salah satunya yaitu dapat meningkatkan energi, yang nantinya dapat menjaga tubuh dari serangan berbagai macam penyakit.

Selain itu, rutin berolahraga juga dapat membuat tulang menjadi lebih padat dan tumbuh lebih kuat, sehingga dapat menurunkan resiko osteoporosis. Jika kamu malas berolahraga, tubuh kamu akan kehilangan tulang lebih cepat, yang nantinya bisa memicu osteoporosis.


2. Terlalu sering minum kopi

Meski minum kopi telah menjadi ritual bagi banyak orang sebelum beraktivitas di pagi hari, namun ternyata terlalu sering minum kopi juga bisa menyebabkan osteoporosis lho, mengapa? Karena kandungan kafein yang ada pada kopi, berkontribusi langsung pada kehilangan tulang, dengan cara meningkatkan ekskreksi pada kalsium urin dan menurunkan efisiensi penyerapan kalsium pada usus.


3. Menghindari sinar matahari

Tubuh yang kekurangan vitamin D akan lebih mudah terkena osteoporosis. Vitamin D gak hanya terdapat pada sayuran dan buah-buahan saja lho, namun juga terdapat pada sinar matahari. Paparan radiasi ultraviolet-B dari sinar matahari, dapat menghasilkan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang, yang nantinya dapat menurunkan resiko osteoporosis.

Waktu terbaik untuk mendapatkan manfaat sinar matahari untuk kesehatan tulang adalah sinar matahari di pagi hari, mengapa? Karena sinar matahari di pagi hari, tepatnya sebelum jam 8 pagi, merupakan sumber alami dari vitamin D. Sebaiknya hindari terkena paparan sinar matahari pada pukul 10.00-16.00, karena di waktu tersebut sinar matahari mengandung ultraviolet yang berbahaya bagi tubuh.


4. Merokok

Ternyata kebiasaan merokok tak hanya bisa membahayakan kesehatan jantung dan paru-paru saja, namun juga bisa menyebabkan osteoporosis. Di dalam rokok atau tembakau terkandung atom berbahaya yaitu radikal bebas yang membunuh sel-sel yang berperan dalam membangun tulang.

Selain itu, rokok juga dapat meningkatkan produksi hormon stres kortisol, yang nantinya bisa melemahkan tulang, serta menghambat perkembangan hormon kalsitonin, yang nantinya dapat membantu membangun tulang.


5. Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol

Rokok dan minuman beralkohol sama-sama berbahaya bagi tubuh, mengapa? Karena keduanya sama-sama dapat meningkatkan hormon kortisol, yang nantinya bisa menurunkan kepadatan tulang. Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol dapat menurunkan kadar hormon testosteron dan estrogen, yang nantinya bisa melemahkan tulang.

Selain itu, minuman beralkohol juga dapat meningkatkan ekskreksi magnesium, yang nantinya dapat menurunkan kesehatan tulang. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa kecanduan minuman beralkohol pada usia 20-an dapat merusak kesehatan secara kesuluruhan di masa mendatang.

Nah, itulah 5 kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan osteoporosis. Sebaiknya terapkan gaya hidup yang sehat agar kamu dapat terhindar dari osteoporosis. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.