Header Ads


5 Kebiasaan Sepele yang Tanpa Disadari Bisa Menyebabkan Wasir



PastiSatu - Wasir merupakan suatu kondisi di mana terjadinya pembengkakan pembuluh darah di bagian bawah rektum dan anus yang dapat robek karena sembelit atau diare, yang mengakibatkan pendarahan. Wasir biasanya terjadi karena beberapa faktor, yaitu kelebihan berat badan, mengejan saat buang air besar (BAB), dan tekanan yang disebabkan oleh kehamilan. Para penderita wasir biasanya akan merasakan gejala seperti nyeri di area dubur setelah buang air besar, gatal-gatal di area dubur, dan pendarahan setelah buang air besar.

Meskipun wasir bukan termasuk penyakit yang berbahaya, namun akan tetap menimbulkan rasa yang tidak nyaman bagi para penderitanya, apalagi jika wasir sering kambuh dan berada di stadium lanjut, tentu akan sangat menyakitkan. Agar dapat terhindar dari wasir, sebaiknya hindari kebiasaan-kebiasaan yang dapat menyebabkan wasir, karena sebagian besar kasus wasir, juga terjadi karena kebiasaan-kebiasaan yang sering dianggap sepele, namun tanpa disadari justru bisa menyebabkan wasir. Penasaran kebiasaan apa saja yang bisa menyebabkan wasir? Yuk, simak ulasannya berikut ini!


1. Makan makanan pedas

Kebiasaan sepele penyebab wasir yang pertama adalah makanan makanan yang pedas. Seseorang yang makan makanan pedas, beresiko tinggi terkena diare, yang merupakan salah satu penyebab wasir.

Makanan yang mengandung banyak capsaicin, cabai pedas, dan saus berbasis lada, dapat menyebabkan diare yang parah dan kronis, yang nantinya akan memicu pembentukan wasir.


2. Kurang minum air putih

Kurang minum air putih gak hanya akan menyebabkan dehidrasi, namun juga menimbulkan wasir. Tubuh yang mengalami dehidrasi, akan menyebabkan konstipasi lho, mengapa? Karena tubuh yang dehidrasi akan menyebabkan feses menjadi mengeras, sehingga akan susah untuk dikeluarkan dari tubuh. Konstipasi merupakan salah satu penyebab utama dari pembentukan wasir


3. Duduk terlalu lama

Selain makan makanan pedas dan kurang minum air putih, terlalu lama duduk juga bisa lho menyebabkan pembentukan wasir, mengapa? Tubuh yang kurang gerak dan terlalu lama duduk akan memberikan lebih banyak tekanan pada pada pembuluh darah di sekitar anal, yang nantinya akan memicu pembentukan wasir.


4. Kurang mengonsumsi makanan berserat

Mengonsumsi makanan yang berserat, seperti sayuran dan buah-buahan, akan melancarkan proses pencernaan. Nah, jika kamu kurang mengonsumsi makanan yang berserat, maka kamu akan mengalami konstipasi atau sembelit. Orang yang mengalami konstipasi, ketika buang air besar (BAB) akan mengejan dan menahan secara berlebihan untuk mendorong feses untuk keluar dari tubuh, sehingga tekanan akan ditempatkan pada pembuluh darah di anus dan saluran anal, yang akhirnya menyebabkan pembentukan wasir.


5. Terlalu banyak minum kopi

Meski dapat membantu menghilangkan rasa kantuk, terlalu banyak minum kopi juga memberikan efek yang negatif lho bagi kesehatan, yaitu dapat memicu dehidrasi dan juga konstipasi. Nah, dehidrasi dan konstipasi ini, merupakan penyebab terbesar pembentukan wasir.

Nah, itulah lima ulasan dari kebiasaan-kebiasaan sepele, yang dapat menyebabkan pembentukan wasir. Sebaiknya terapkan gaya hidup sehat, seperti rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat dan berserat, agar dapat terhindar dari penyakit wasir. Semoga bermanfaat ya!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.