Header Ads


Putus Cinta Ternyata Bisa Menyebabkan 5 Gangguan Kesehatan Ini Lho!



PastiSatu - Selain menyakitkan hati, siapa sangka putus cinta juga berdampak negatif pada kondisi kesehatan kita. Saat rasa sakit hati melanda, tanpa disadari tubuh kita akan mengalami gangguan seperti emosi tidak stabil bahkan bisa juga menyebabkan kurangnya nafsu makan. Nah berikut ini lima gangguan kesehatan yang timbul saat putus cinta.


1. Nafsu makan berkurang

Gangguan kesehatan pertama yang bakal kamu alami saat putus cinta adalah nafsu makan berkurang. Walaupun perut kita merasa lapar, tapi keinginan untuk makan itu hilang. Mau makanan seenak apapun, semuanya terasa hambar.

Secara psikologi, hal ini terjadi akibat perasaan depresi yang kita alami. Di mana saat depresi itu muncul maka akan mempengaruhi imunitas tubuh dan membuat kinerja tubuh kita tidak maksimal. Sehingga saat kita memaksakan makan, yang terjadi kita teringat akan kepedihan dan selera makan jadi hilang.


2. Susah tidur

Selain gak selera makan, putus cinta juga mengakibatkan kamu susah tidur. Ini terjadi karena ketika seseorang patah hati maka jiwanya akan gelisah dan selalu memikirkan apa yang telah terjadi. Selain itu, tumpukan perasaan sedih dan kesal yang sesak di dada membuat kamu tambah gak bisa tidur. Alhasil kamu kurang istirahat dan membuat tubuh kamu jadi drop.


3. Gangguan pencernaan

Pernah ngerasain mulas gak saat kamu gugup ataupun stres? Nah, hal ini juga bakal kamu alami saat putus cinta. Di mana pencernaan kamu bakal terganggu akibat depresi dan stres yang kamu alami. Saat tubuh mengalami stres, gugup atau panik, maka proses pencernaan akan melambat atau berhenti. Sehingga tubuh dapat memfokuskan seluruh energi internal untuk menghadapi ancaman atau gangguan psikologis tersebut. Gangguan proses pencernaan inilah yang menyebabkan timbulnya sakit perut.


4. Wajah kusam & penuh jerawat

Percaya atau tidak, saat seseorang mengalami putus cinta bakalan tidak memperhatikan tubuhnya. Bahkan, seseorang yang patah hati bakal malas mandi dan merawat diri. Hal ini dikarenakan dirinya sibuk memikirkan kesedihan yang dialami. Belum lagi hormon stres yang dapat memicu timbulnya jerawat dan kulit kusam.


5. Sakit kepala berat

Terakhir, gangguan kesehatan yang bakal kamu alami saat putus cinta adalah sakit kepala yang cukup berat. Hal ini dikarenakan saat seseorang patah hati mengalami stres serta tekanan yang berlebihan. Kedua hal ini menyebabkan produksi hormon stres dan kortisol terus meningkat. Akibatnya darah tinggi atau hipertensi bakal menyerangmu. Alhasil kepalamu bakal terasa sakit dan pusing berlebihan.

Itu dia tadi lima gangguan kesehatan yang timbul akibat putus cinta. Ada lagi yang lain guys?

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.