Header Ads


Ingin Puasa Lancar? Hindari 7 Jenis Konsumsi Ini!



PastiSatu - Selamat menjalankan ibadah puasa! Gimana puasamu, apakah lancar? Sempat merasa lemas, dehidrasi atau mengantuk parah? Hmm, bisa jadi, kamu memakan makanan yang salah, tuh!

Yup, makanan menyumbang peran besar untuk membuat puasamu lancar atau tidak. Salah pilih, bisa bikin kamu lemas seharian. Atur strategi baik-baik dan waspadai makanan berikut, ya!


1. Dendeng dan daging yang diawetkan

Dendeng memang praktis. Kalau kita gak sempat masak, makan nasi dengan dendeng saja udah nikmat banget! Namun, kenyataannya, daging yang diawetkan seperti dendeng ini bisa bikin kita cepat dehidrasi loh!

Kandungan protein di dalamnya cukup tinggi, kadar garamnya juga. Padahal, natrium memiliki sifat menyerap air dari tubuh kita, begitu ungkap laman The Daily Meal. Oleh karena itu, sebaiknya hindari konsumsi dendeng atau jenis daging lain yang diawetkan ketika sahur, ya!


2. Soda

Siapa yang bisa menolak kesegaran soda dingin? Sensasinya yang menggelitik di tenggorokan disukai oleh banyak orang. Namun, hindari minum soda ketika sahur, ya! Kandungan gulanya yang tinggi bisa bikin kamu dehidrasi lebih cepat. Gak mau kan siang-siang dehidrasi?

Minuman tinggi gula menciptakan asam dalam tubuh, menghambat fungsi enzim dan melelahkan ginjal, tutur laman The Daily Meal. Terlebih, gula buatan yang menyedot air dari tubuh dan membuat organ bekerja lebih keras untuk memprosesnya. Ini termasuk minuman tinggi gula lain seperti sirup, teh kemasan dan sejenisnya, ya!


3. Kopi

Sehabis makan sahur, kok rasanya ngantuk ya? Akhirnya, kamu buru-buru ke dapur dan membuat kopi. Mata jadi melek, namun efeknya kamu jadi lebih cepat dehidrasi! Kopi sendiri memiliki sifat diuretik dan menyebabkan kamu lebih cepat kencing dari yang seharusnya.

Kafein dalam kopi juga mempercepat dehidrasi. Kandungan di dalamnya membuat ginjal membuang natrium dan air lebih cepat dari tubuh kita. Lebih baik, hindari kopi saat sahur, ya!


4. Kecap asin

Kamu mungkin terkejut bagaimana kecap asin bisa berada dalam list ini. Apalagi, beberapa makanan akan terasa hambar tanpa adanya kecap asin. Such as, soto, nasi goreng, ayam tumis dan lain sebagainya.

Faktanya, kecap asin memiliki kandungan natrium yang cukup tinggi, yaitu 914 mg per satu sendok makan. Dengan takaran yang sama, kecap manis hanya memiliki kandungan natrium 698 mg.

As we know, natrium bisa menyerap air dan menyebabkan dehidrasi. Meski begitu, gak papa kok menambahkan kecap asin dalam masakan, asal jangan banyak-banyak, ya!


5. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng tak terhindarkan dalam hidup kita. Tanpanya, rasanya ada yang kurang dan janggal. Padahal, kita semua tahu, kandungan minyak pada makanan yang digoreng tak sehat bagi tubuh.

Laman The Daily Meal menyebut bahwa jenis konsumsi ini menyebabkan dehidrasi lebih cepat. Apalagi, rata-rata makanan yang digoreng itu asin, bikin makin cepat haus, deh! Jika tak terhindarkan, jangan lupa diimbangi dengan sayur, buah serta air yang cukup, ya!


6. Popcorn dan snack asin lainnya

Hayo, siapa di sini yang punya kebiasaan ngemil setelah makan sahur? Apalagi, kalo ngemilnya snack seperti popcorn, keripik kentang atau keripik singkong. Memang enak sih, tapi kandungan garam yang tinggi di dalamnya bisa bikin kamu cepat haus loh .

Selain gak sehat kalau terlalu sering dikonsumsi, snack ini memiliki kadar sodium yang tinggi. Popcorn berukuran kecil saja mengandung 550 mg sodium, sementara keripik kentang mengandung 188 mg sodium per 100 gram. Watch what you eat!


7. Makanan tinggi karbohidrat

Nasi adalah makanan pokok orang Indonesia. Gak mungkin dalam satu hari gak makan nasi. Namun, makan nasi juga membuat kita cepat ngantuk dan lemas. Kira-kira, kenapa ya?

Karbohidrat yang tinggi membuat indeks glikemik yang tinggi pula. FYI, indeks glikemik ialah standar yang digunakan untuk mengukur seberapa cepat makanan dalam meningkatkan kadar gula dalam darah. Singkatnya, nasi memang menyebabkan mengantuk karena reaksi tubuh setelah makan nasi memicu kita menghasilkan hormon serotonin dan melatonin.

Yes, you can still eat rice. Tapi, batasi porsimu ya, jangan terlalu banyak. Gak mau kan kalau kena serangan kantuk saat sedang sekolah, kuliah atau bekerja, maupun saat salat tarawih ketika malam? Mengganggu produktivitas banget!

Nah, itulah tujuh makanan yang perlu dihindari atau dikurangi kalau ingin puasamu lancar. Semoga kamu tetap semangat dalam berpuasa!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.