Header Ads


Ini 7 Makanan yang Bermanfaat Untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak dan Memori!



PastiSatu - Otak juga membutuhkan nutrisi tertentu untuk tetap sehat seperti asam lemak omega-3 yang membantu memperbaiki sel-sel otak. itulah mengapa makanan yang kita konsumsi berperan signifikan dalam menjaga otak kita selalu sehat. Kira-kira apa saja ya makanan yang bermanfaat untuk kecerdasan otak dan memori? Berikut 7 pilihan makanan yang baik untuk otakmu!


1. Ikan berlemak tinggi ; salmon, sarden, tuna dan lainnya

Ikan berlemak tinggi adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik. Omega-3 membantu membangun membran di setiap sel dalam tubuh, termasuk sel-sel otak. Karena itu, ini dapar memperbaiki struktur sel otak dan berguna meningkatkan memori jangka pendek dan panjang. Omega-3 yang tinggi mengalami peningkatan aliran darah di orak yang mana bermanfaat untuk kecerdasan dan menangkal penyakit alzheimer.


2. Dark chocolate

Flavonoid dalam cokelat berkumpul di area otak yang dapat meningkatkan kecerdasan dan memori. Cokelat juga merupakan suatu makanan yang membawa perasaan bahagia, orang yang sering makan cokelat mengalami peningkatan perasaan positif dibandingkan dengan mereka yang tidak.


3. Kopi

Komponen utama dalam kopi yaitu kafein dan antioksidan dapat berefek pada suasana hati yang baik dan konsentrasi yang tajam. Kafein menyebabkan peningkatan entropi baik. Ketika entropi tinggi, otak dapat memproses lebih banyak informasi dan memori.


4. Green tea

Kafein dalam green tea juga dapat meingkatkan fungsi orak yang bermanfaat untuk memori dan fokus, L-theanine serta asam amino yang dapat meningkatkan aktivitas otak untuk mengurangi kecemasan plus membuat lebih rileks. Green tea juga kaya akan polifenol dan antioksidan yang dapat melindungi otak dari penuaan usia otak hingga mengurangi resiko alzheimer dan parkinson.


5. Telur

Telur kaya aka kolin yang akan membantu perkembangan otak janin bagi wanita hamil. Kolin dalam tubuh ini mengandung mikronutrien penting yang digunakan tubuh kita mengatur suasana hati dan menghasilkan hormon kebahagiaan. Vitamin B dalam telur berperan memperlambat penuaan usia mental pada orang tua.


6. Kacang kenari

Kacang kenari ini mengandung DHA yang sangat tinggi, sejenis asam lemak Omega-3 dimana DHA ini terbukti melindungi kecerdasan otak pada bayi baru lahir dan meningkatkan konsentrasi. Kenari ini juga dapat membuat pertumbuhan neuron baru di otak yang akan membantu kita menmbuhkan sel-sel otak bar uyang merupakan aspek penting dalam menjaga mental health dan memori.


7. Segala jenis buar berries

Berries banyak mengandung antioksidan flabonoid yang baik untuk otak. Sebuah penelitian di tahun 2014 mencatat bahwa senyawa antioksidan dalam berries memiliki banyak efek positif pada otak, seperti membentuk sel-sel otak baru, meningkatkan kecerdasan dan memori, dan mengurangi penundaan penuaan usia otak. Kamu pun bisa mulai konsumsi buah-buahan jenis berry ini seperti stroberi, blackberry, blueberry, blackcurrant atau mulberry.

Nah, itulah beberapa makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan otak, khususnya meningkatkan kecerdasan dan memori kita. Yuk mulai mengubah gaya hidup dengan pilihan makanan yang sehat dan bermanfaat!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.