Header Ads


Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Daun Ubi Jalar untuk Kesehatan



PastiSatu - Daun ubi jalar atau yang lebih dikenal dengam ketela adalah daun yang terdapat pada umbi umbian. Biasanya daun ini dikonsumsi dengan cara dimasak melalui tumisan atau sebagai lalapan.

Selain fungsi daun ubi sebagai bahan pangan alternatif ternyata daun dari ubi jalar atau ketela ini memiliki banyak manfaat. Nah, berikut 5 manfaat dari daun ubi jalar yang jarang diketahui. Check its out!


1. Meredakan sakit pada saat haid

Pada daun ubi jalar terdapat banyak vitamin K, yang berfungsi untuk mengatur fungsi hormon saat meredakan nyeri haid. Vitamin K juga berguna membekukan darah dan mencegaj pendarahan yang berlebihan pada saat menstruasi. Bila kamu kekurangan vitamin K nyeri laram saat haid akan lebih sakit dari pada orang yang tidak kekurangan vitamin K, jadi kamu harus rutin mengonsumsi daun ubi jalar ini.


2. Memperkuat tulang agar kuat

Ternyata vitamin K dalam ubi jalar dapat membantu tubuh mempertahanlam kalsium pada tulang dan mengurangi kemungkinan terserang ostepporosis. Jika kamu mengonsumsi daun ubi jalar ini asupan vitamin K dapat mencegah kehilangan tulang pada orang yang menderita osteoporosis. Karna vitamin k sanagt penting untuk pertamnbahan kalium saat membentuk tulang. Vitamin k ini juga dapat meningkatkam keehatan tulang dan menurunkan kemungkinan patah tulang pada wanita yang sedang menopause.


3. Mengurangi resiko terkena penyakit jantung

Manfaat lain dari daun ubi jalar adalah dapat mengurangi resiko terlena penyakit jantung. Pada daun ibi jalar ini mengandung vitamin B6 yang dapar mengurangi resiko penyakit jantung. Kandungan nutrisi yang terdapat pada daun ini terbukti 4 kalo lipat lebih besar dari sayuram hijau, 5 kali lipat jumblah vitamin C dan juga 10 kali lipat riboflavin.


4. Membantu membekukan darah saat terjadi luka

Pada daun ubi jalar memgandung 12 protein vitamin salah satunya vitamin K yang ternyata dapat membantu proses pembekuan darah untuk cepat memulihkan luka dan memar yanh sedang terjadi pada kulit dengam cepat. Ketika pembekuan darah tidak terjadi dengan benar maka orang bisa mengalami penyakit hemoragik pada bayi yang baru lahir. Tak jarang bayi yang baru lahir haru segera disuntik HDN (Haemorrhagic Disease of the Newborn), agar tidak terjadi pendarahan.


5. Membantu mencegah kebutaan

Selain vitamin K dengaan fungsi yang melimpah pada manfaat daun ubi jalar, ternyata terdapat pula kandungan vitamin A yang tak kalah bermanfaatnya. Vitamin A membantu mencegah degenerasi makula yang merupakan penyebab utama terjadinya kebutaan. Sebuah studi menunjukkan, bahwa asupan vitamin C, Vitamin A, zat besi, vitamin E, dan tembaga pada daun ubi jalar membantu mengurangi kemunkinan degenerasi makula sebesar 25 persen.

Nah, itula 5 manfaat dari daun ubi jalar untuk kesehatan yang jarang diketahui.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.