Header Ads


Makanan yang Bisa Menurunkan Kolesterol, Apa Saja? Ini Dia 5 Makanannya!



PastiSatu - Kolesterol adalah zat yang sangat diperlukan oleh tubuh. Ada dua kolesterol yang diproduksi oleh tubuh, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Kelebihan kolesterol dalam tubuh atau hiperkolesterolnemia dapat mampu memicu timbulnya banyak penyakit berbahaya. Untuk mencegah atau menurunkannya bisa dengan mengonsumsi makanan sehat. Berikut lima makanan yang mampu menurunkan kadar kolesterol.


1. Bawang putih

Bawang putih merupakan tanaman umbi yang biasa digunakan sebagai bahan penyedap makanan. Selain berfungsi sebagai bumbu masakan, bawang putih juga mampu membantu metabolisme lemak dan menurunkan kadar kolesterol tubuh. Hal ini disebabkan bawang putih mengandung suatu senyawa yang bersifat antikolesterol dan membantu mencegah penggumpalan darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat.


2. Tempe

Tempe memiliki kandungan gizi yang tinggi dan harganya relatif murah. Tempe juga merupakan salah satu makanan yang banyak dilaporkan sangat ampuh dalam menurunkan kolesterol. Hal ini karena kandungan niacin yang dimilikinya mampu bekerja dengan baik dalam tubuh serta menyebabkan penurunan kolesterol jahat.


3. Apel

Makanan lainnya yang dapat menurunkan kadar kolesterol adalah apel. Kandungan apel mengandung beberapa senyawa dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. senyawa-senyawa tersebut adalah pektin flavonoid, niasin dan vitamin C. Buah apel sebaiknya dikonsumsi beserta kulitnya, karena di kulit inilah terdapat kandungan pektin yang merupakan serat larut yang ampuh sekali dalam menurunkan kadar kolesterol.


4. Alpukat

Buah alpukat merupakan buah yang dapat mengurangi kolesterol. Alpukat mengandung beberapa bahan aktif yang diduga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, seperti pantethin, niasin, beta sitosterol, vitamin C, vitamin E, vitamin A dan asam pantothenat.

Hasil penelitian juga menunjukan bahwa dengan mengonsumsi jus alpukat sebanyak satu gelas sehari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) serta dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).


5. Ikan

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi jika ikan selain mengandung komposisi gizi yang tinggi seperti protein, vitamin dan mineral juga mengandung asam lemak tak jenuh omega-3. Mengonsumsi asam lemak omega-3 dalam jumlah yang cukup mampu mengurangi kandungan kolesterol dalam darah. Asam lemak omega-3 dapat menurunkan kadar kolesterol dengan cara meningkatkan konsentrasi dan diameter kolesterol baik.

Nah itulah lima makanan yang dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Tetaplah jaga pola makanmu, rajinlah mengonsumsi 5 makanan tersebut, dan perhatikan agar konsumsinya tidak berlebihan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.