Header Ads


Ini 5 Manfaat Kecombrang, Si Cantik yang Penuh Khasiat



PastiSatu - Kecombrang (Etlingera elatior) adalah bunga yang banyak dijadikan bahan masakan di Asia, khususnya di Asia Tenggara. Selain disebut kecombrang, bunga ini juga memiliki beberapa nama lain, seperti torch ginger, ginger flower, bunga kantan, sampai porcelain rose.

Satu hal yang pasti, bagaimanapun sebutannya, bunga ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti penjelasan berikut ini.


1. Meredakan PMS

Ladies, apa yang kalian rasakan saat sedang mengalami PMS? Kram perut, kelelahan, lemas, bahkan sampai mudah marah bukan? Nah, gejala-gejala tersebut sebenarnya dapat diredakan dengan mengonsumsi bunga kecombrang. Kandungan bunga kecombrang dapat meredakan nyeri saat kram perut, mengurangi rasa stres, dan memberikan energi lebih sehingga tak mudah kelelahan.


2. Mengurangi stres

Hormon kortisol adalah hormon stres yang berperan sebagai 'alarm' dalam tubuh. Hormon ini akan dilepaskan saat kita sedang merasa tertekan atau dalam bahaya. Hal ini sebenarnya sangat normal, namun rasa stres yang berlebih tentu akan mengganggu kesehatan kita.

Nah, bunga kecombrang yang mengandung mineral dan antioksidan ini memiliki kemampuan untuk mengatur banyaknya hormon kortisol yang dilepaskan tubuh. Dengan begitu, rasa stres dan cemas dapat segera berkurang.


3. Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan fosfor dalam bunga kecombrang juga sangat penting bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, fosfor dapat membantu tubuh untuk mengoptimalkan pencernaan sekaligus mengatasi sembelit dan diare.

Jika tubuh kekurangan fosfor, maka seseorang akan merasa kelelahan, mengalami penurunan berat badan dan selera makan, serta rasa kaku pada bagian persendian. Pada anak-anak, kekurangan fosfor akan mengakibatkan pertumbuhan tulang dan gigi yang tidak sempurna.


4. Mengobati sakit kepala

Siapa di antara kalian yang sering mengalami sakit kepala, khususnya migrain? Nah, jika kalian sudah enggan mengonsumsi obat-obatan berbahan kimia, maka sudah saatnya kalian mencoba mengonsumsi obat sakit kepala alami yaitu bunga kecombrang.

Kadar magnesium dalam bunga kecombrang ini dapat mengatasi migrain dan meredakan efek yang dihasilkannya, seperti rasa mual, muntah, dan kepekaan terhadap cahaya.


5. Mengurangi risiko penyakit jantung

Kandungan serat yang tinggi dalam bunga kecombrang mampu membantu mengikat kolesterol berlebih, sehingga jantung dapat bekerja lebih optimal dan peredaran darah dalam tubuh akan lebih lancar. Dengan begitu, risiko penyakit jantung dapat dikurangi dengan mengonsumsi bunga ini.

Selain dalam bentuk sambal, kalian juga dapat mengonsumsi bunga kecombrang dalam bentuk lain seperti kuah sup dan teh.

Jadi, itulah manfaat sehat dari bunga cantik ini. Semoga informasi di atas bermanfaat untukmu!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.